OLEH :
DRS. SUPARMAN
NIP. 132 117 233
SMAN 4 KENDARI
TAHUN 2007
diambil dari : http://suparmanthoha.wordpress.com/2008/02/06/ptk-fisika/
KATA PENGANTAR
Puji syukur disampaikan hanya kepada Allah SWT penguasa langit dan bumi beserta isinya, Kepada-Nya segala ilmu pengetahuan bersumber dan atas kehendak-Nya pula
Hasil penelitian tindakan kelas dapat diselesaikan.
Penulis sepenuhnya menyadari bahwa seluruh rangkaian kegiatan penelitian mulai dari tahap penyusunan proposal hingga penyelesaian laporan. Hasil penelitian penulis senantiasa mendapat bantuan dan petunjuk dari berbagai pihak . Oleh karena
Itu penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak DR.Muh. Anas M.Si selaku dosen pembimbing atas segala waktunya diluangkan untuk membimbing dan memberikan arahan –arahan kepada peneliti hingga selesainya hasil penelitian ini.
Ucapan terimah kasih juga kepada pihak langsung maupun tidak langsung membantu penulis terutama kepada:
1. Bapak DR. Fasli Jalal Ph.D Dirjen Peningkatan mutu Pendidik dan tenaga Kependidikan Depeartemen Pendidikan Nasional Jakarta .
2. Bapak DR. Baharuddin HP. Selaku pelaksana tugas .Ketua lembaga Penelitian Universitas Haluoleo Kendari
3. Bapak Drs. H. Basri Madjid selaku Kepala Sekolah SMAN 4 Kendari
Akhirnya hanya Allah yang dapat membalas budi baik dari semua pihak yang telah membantu peneliti dalam penyusunan laporan hasil peneliti.
Amin.
Kendari Desember 2007
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………. ii
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………………. iii
BAB I PENDAHULUAN
A,. Latar Belakang ………………………………………………….. 1
B. Rumusan Masaalah …………………………………………….. 3
C. Tujuan Penelitian ……………………………………………….. 5
D. Mamfaat Penelitian …………………………………………….. 5
BAB II KAJIAN TEORI DAN PUSTAKA
A. Konsep Aktivitas Belajar …………………………………… 5
B. Pandangan Aktivitas belajar terhadap pembentukan
Pengetahuan……………………………………………………… 6
C. Konsep Media ICT sebagai penongkatan aktivitas
Belajar siswa……………………………………………………. 8
BAB III PROSUDER PENELITIAN
A. Subjek Penelitian ………………………………………………. 10
B. Waktu dan tempat penelitian ………………………………… 10
C. Faktor yang diselidiki ………………………………………….. 10
D. Rencana kegiatan ……………………………………………….. 11
E. Pelaksanaan tindakan …………………………………………. 13
F. Cara pengambilan data ………………………………………. 15
G. Jadwal ……………………………………………………………… 16
H. Indikator keberhasilan ………………………………………. 16
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Analisa Deskriftif …………………………………………….. 19
B. Pembahasan …………………………………………………….. 26
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan …………………… 33
B. Saran ……………………………………………………………….. 34
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
HALAMAN PENGESAHAN HASIL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. Judul : Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar Di Materi Listrik Statik Dengan Pembelajaran Berbasis ICT Pada Kelas XII di SMA NEG 4 Kendari
2. a. Bidang Ilmu
b. Bidang Kajian :
: Pendidikan Fisika
Media Pembelajaran
3.Ketua pelaksana pengembangan
a. Nama Lengkap dan Gelar
b. Pangkat,Golongan,NIP
c. Mata Pelajaran yang dikaji
d. Alamat (Surat)
e. No. Telepon/HP
:
:
:
:
:
Drs. Suparman
Pembina IVa,132 117 233
Fisika
BTN Kendari Permai Blok M3/11 Telp. (0401) 392402)
081341983655
4. Nama anggota : Muh.Deril,S.Pd
5. Waktu : 3 (tiga) Bulan, mulai bulan oktober s.d Desember2007
6. Biaya yang Diperlukan
a. Sumber dana dari Ditjen Dikti
:
Kendari, 27 oktober 2007
Menyetujui: Ketua Pelaksana,
Dosen pembimbing
Dr.Muh. Anas, M.Pd Drs. Suparman
Mengetahui: NIP. NIP. 131 117 233
Mengetahui
Plt .Ketua Lembaga penelitian Kepala SMAN 4 Kendari
DR.Baharuddin HP Drs.H.Basri Madjid
NIP.131 416 874 NIP.130 671 755
Mandat No. 324/529.2/LL/2007
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL
BELAJAR DI MATERI LISTRIK STATIS DENGAN
PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
PADA KELAS XII DI SMA NEG 4 & SMAN 2 KENDARI
BAB I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang materi atau zat yang meliputi sifat fisis , komposisi, perubahan, dan energi yang dihasilkannhya. Oleh karena itu,perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini tidak lepas dari ilmu fisika sebagai salah satu ilmu dasar. Ilmu Kedokteran, Teknologi industri, Teknologi manufaktur dan teknologi imformasi, misalnya perkembangan pesat dibidang teknologi imformasidan komunikasi saat ini, seperti telepon selular dan satelit tidak lepas dari aplikasi dari pembelajaran fisika pada materi gelobang elakteromagnetik.Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, harus selaras dengan peningkatan mutu SDM agar arah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menuju sasaran yang tepat.. Kami sebagai guru,perhatian yang seksama dalam peningkatan mutu SDM., khususnya dalam melihat permasalahan-permasalahan dan perkembangan di dalam proses pembelajaran, siswa maupun bahan ajar yang kami ajarkan.
Pembelajaran fisika di SMA Neg. 4 dan SMAN 2 Kendari pada 3 tahun terakhir ini khususnya di kelas XII IPA agaknya aktivitas dan hasil belajar rendah ,ini ditandai minat dan kemampuan dalam pencapaian standar ketuntasan belajar minimal dibawah standar, semangat belajar yang kendor,kemapuan dalam proses menghitung juga rendah, kemampuan menganalisa soal sangat terbatas. Secara umum aktivitas dan hasil belajar rendah. Pada mata pelajaran fisika dianggap masih dibawah rata-rata. Disisi lain tinjauan terhadap guru sendiri biasanya ada materi yang susah diajarakan artinya disamping materinya agak susah juga media pembelajaran yang kurang memadai misalnya pada materi LISTRIK STATIK .Pada materi ini dalam RPP tertera 2 x pertemuan ,akan tetapi karena materi agak susah dimengerti siswa maka, pertemuan ditambah menjadi 3 kali atau 4 kali, itupun perolehan yang dicapai belum maksimal. Di samping itu juga dalam silabus materi fisika pada umumnya kami anggap sangat padat ,sementara jumlah pertemuan sangat terbatas, indikatornya dapat kita lihat pada tabel yang diambil dari Ulangan BLOK I dan Ulangan Blok II
Tabel a. Profil Nilai Siswa Kelas XII SMAN 4 Kendari
NO
SKOR NILAI
PEROLEHAN NILAI
Uj.BLOK I UJ.BLOK II
1 RERATA 64,5 65,5
2 SIMPANGAN BAKU
3 MAKSIMUN 75,3 72,3
4. MINIMUM 40,2 41,2
Tabel a. Profil Nilai Siswa Kelas XII SMAN 2 Kendari
NO
SKOR NILAI
PEROLEHAN NILAI
Uj.BLOK I UJ.BLOK II
1 RERATA 59,5 64,5
2 SIMPANGAN BAKU
3 MAKSIMUN 70,0 71,5
4. MINIMUM 30,5 40,0
Kurangnya minat belajar fisika juga dipengaruhi oleh karena mata pelajaran Fisika dikelas III sudah tidak diikutkan dalam Ujian Akhir Nasional, Sehingga Siswa berfikir buat apa saya terlalu banyak belajar Fisika ,lebih baik saya hanya fokuskan belajar mata pelajaran yang termasuk ujian Akhir Nasional.Ini Jika dibiarkan terus menerus maka pembelajarn fisika kelak di Perguruan Tinggi akan mengalami kesulitan.Ada beberapa pengalaman dari mahasiswa baru yang setelah mengambil salah satu jurusan IPA diperguruan TINGGI mereka mengalami kesulitan dan mengambil jalan lain dengan mendatangi guru Fisikanya lagi di SMA diminta unutk dibimbing kembali mengenai materi Fisika.
Permasalahan ini saya akan sikapi dengan memberikan rangsangan dengan media yang berbasis ICT , karena dengan memberikan media berupa ICT maka siswa akan termotivasi , tertantang, menyenankan ,terinspirasi dan interaktif menurut Prof.Dr.Degeng (2005) Guru besar pada universitas PGRI Surabaya . Oleh karena itu saya mengangkat judul pada Penelitian untuk proposal tesis ini dalam menjawab permasalahan pembelajaran Fisika pada materi Listrik Statis di Kelas XII.IPA
B. Rumusan Masaalah
Adapun rumusan masaalah penelitian tindakan ini adalah :
- Apakah Pembelajaran yang berbasis ICT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi LISTRIK STATIS ?
- Apakah Pembelajaran yang berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar?
Aktivitas ( siswa) belajar yang dimaksud adalah Dengan bekerja mereka memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan aspek-aspek tingkah laku lainnya. Serta mengembangkan keterampilan yang bermakna untuk hidup dimasyarakat. Dalam kemajuan metodologi dewasa ini asas aktivitas lebih ditonjolkan melalui suatu program Unit activity, sehingga kegiatan belajar siswa menjadi dasar untuk menjapai tujuan dan hasil belajar yang lebih memadai .
Dan Hasil belajar yang dimaksud adalah Kemampuan dalam memahami, memformulasikan menghitung dan menganalisa soal dalam mencapai suatu tujuan yang ada pada indikator RPP yang telah ditentukan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.Karena suatu proses dikatakan berhasil apabila dilihat output dalam hal ini hasil belajar siswa ,baik secara individu maupun kelompok.
Sedangkan penerapan metode dengan pemakaian media ICT dapat meningkatkan minat, kemampuan ,Pembelajaran menjadi I2M3( Interaktif,Inspiratif, Menyenangkan, Memotivasi dan Menantang ).Berdasarkan PP No.19 Tahun 2005 pasal 19, ayat 1 yang berbunyi .Proses Pembelajaran Pada Satuan Pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif,menyenangkan, menantang, memotivasi,peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik..
Hasil yang diharapkan jika kompetensi yang diharapkan sekolah, yakni 75 % siswa telah mencapai kriteri ketuntasan menimal 65 kompetensi hasil belajar aspek pemahaman konsep Listrik Statis.
2. Pemecahan Masaalah
Masaalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar pada kelas XII IPA di SMAN 4 dan SMAN 2 Kendari akan dipecahkan dengan menggunakan media ICT . Alasan pemilihan media ini sebagai alat bantu dalam pemecahan masaalah , karena media ICT ini mampu menciptakan pembelajaran menjadi Inspiratif,inofatif, menyenangkan, menantang dan memotivasi sehingga kesulitan belajar siswa dapat teratasi.
Langkah-langkah pemecahan masaalah adalah:
1. Perencanaan Pembelajaran berdasarkan anlisis materi Listrik Statis. Hasil perencanaan kemudian disusun dalam suatu rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) yang didasarkan pada penggunaan Media ICT.
2. Pelaksanaan tindakan melalui pembelajaran berbasis ICT
3. Untuk mengetahui kinerja siswa selama pembelajaran tim menyiapkan lembar kegiatan siswa ,instrumen penilaian produk dan proses. Instrumen-instrumen terebut digunakan untuk observasi dan eveluasi proses pembelajaran yang dikelola oleh guru. Hasilnya dijadikan dasar untuk kegiatan refleksi dilakukan bersama-sama oleh tim penelitian.
Lingkup batasan masaalah penelitian ini, adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar fisika pada materi LISTRIK STATIS , khususnya dalam menganalisa soal, meningkatkan minat belajar ,dan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan proses matematikannya dengan baik dan benar..
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah: Dapat meningkatakan kemampuan belajar fisika, meningkatkan minat belajar fisika, dapat meningkatkan kemampuan menganalisa soal, mengerjaklan proses matematik dengan baik dengan cepat.
D. Mamfaat Penelitian Tindakan Kelas\
Adapun mamfaat penelitian tindakan kelas yang diharapkan adalah:
a. Bagi siswa dalam menghadapi era globalisasi imformasi, dan
teknologi yang sangat pesat seperti pada saat sekarang ini maka
mata pelajaran fisika sudah seharusnya setiap siswa penuh
perhatian yang sangat tinggi terhadap mata pelajaran Fisika .
b. Bagi guru .Penelitian tindakan kelas ini merupakan Self reflectif
teching untuk meningkatkan proses belajar mengajar pada mata
pelajaran fisika.
c. Bagi Sekolah sendiri dapat menjadi obat penyembuh dari permasalahan-permasalahan PBM agar kelak PBM menjadi sehat dan dapat menjadi optimal dan mampu mencapai SKBM diatas rata-rata..
BAB.II. Kajian Teori Dan Pustaka
A. Konsep Aktivitas Belajar
Menurut Anwar D. ( 2005:18 ) dalam kamus lengkap Bahasa Indonesia, aktivitas didefinisikan sebagai kegiatan atau kesibukan . Selanjutnya menurut TIM Dosen FIP_IKIP Malang ( 1980:130) mengungkapkan bahwa manusia adalah merupakan mahluk yang aktif . Keaktifan iru diperlukan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan menyusaikan diri dengan lingkungannya , yang mana proses pendidikan adalah merupakan salah satu aktivitas pendidikan.
Menurut Montessori dalam Hamalik ( 2001:171) pengajaran yang efektif adalh pengajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas sendiri. Anak ( siswa) belajar sambil bekerja. Dengan bekerja mereka memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan aspek-aspek tingkah laku lainnya. Serta mengembangkan keterampilan yang bermakna untuk hidup dimasyarakat. Dalam kemajuan metodologi dewasa ini asas aktivitas lebih ditonjolkan melalui suatu program Unit activity, sehingga kegiatan belajar siswa menjadi dasar untuk menjapai tujuan dan hasil belajar yang lebih memadai .
Karena aktivitas belajar banyak sekali macamnya, maka para ahli mengadakan klasifikasi atas macam-macam aktivitas tersebut, beberapa diantaranya ialah:
1. Paul D.Dierich membagi bebrap kegiatan belajar dalam 8 kelompok, yaitu:
a. Kegiatan-kegiatan visual
b. Kegiatan-kegiaran lisan ( oral )
c. Kegiatan-kegiatan mendengarkan
d. Kegiatan-kegiatan menulis
e. Kegiatan-kegiatan menggambar
f. Kegiatan-kegiatan metric
g. Kegiatan-kegiatan mental
h. Kegiatan-kegioatan emosional
2. Getrude M. Whipple membagi kegiatan-kegiatan murid sebagai berikut:
a. Bekerja dengan alat-alat visual
b. Ekskursi dan trip
c. Memmpelajari masaalah-masalah.
d. Mengapresiasi literature
e. Ilustrasi dan konstruksi
f. Bekerja menyajikan imformasi
g. Cek dan tes ( Hamalik, 2001 : 173 – 174 )
Selanjutany Hamalik (2001:175) mengatakn bahwa penggunaan asas aktivitas besar nilainya bagi pengajaran para siswa, oleh karena:
1 .Para siswa mencari pengalaman sendiri dan langsung mengalami sendiri.
2. Berbuat sendiri akan mengembangkan selutuh aspek pribadi sisw secara integral.
3. Memupuk kerja sama yang harmonis dikalangan siswa
4. Para siswa bekerja menurut minat dan kemampuan sendiri.
5. Memupuk disiplin kelas secara wajar dan Susana belajar menjadi demokratis
6. Mempererat hubungan sekolah dan masyarakat dan hubungan anatara orang tua dengan guru.
7. Pengajaran diselenggarakan secara relistis dan kongrik sehingga mewngembangnkan pemahaman dan berfikir kritis serta menghindari perbalistis .
8. Pengajaran di sekolah menjadi hidup sebagaimana aktivitas dalam kehidupan di masyarak
B.Konsep MEDIA ICT
Dalam metodologi pembelajaran, ada dua aspek yang cukup menonjol, yaitu metode pembelajaran dan media pembelajaran . Media sangat berperan dan membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran , perasaan,perhatian dan minat siswa yang menjurus kea rah terjadinya proses belajar.
Ada beberapa alas an mengapa media dapat mempertinggi mutu proses belajar. Di antaranya, berkenan dengn makna dan mamfaat media dalam proses belajar siswa, antara lain sebagai berikut.
- Makin memperjelas bahan pengajaran yang disampaikan guru .
- Memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik
- Merangsang peserta didik berdialog dengan dirinya
- Merangsang cara berfikir siswa
Menurut Psikolog EBBINGHAUS, bahwa materi pembelajaran di dalam ingatan siswa yang dirangsang media tepat guna bertahan lama karena sifat medi mempunyai daya stimulus yang kuat. Contoh sederhana guru mengajarkan masalah kepadatan penduduk sebuah kota denganmenggunakan media berupa gambar-gambar atau foto-foto dan grafikkota tersebut.
Jenis dan Memilih Media
- Media grafis, disebut juga media dua dimensi
- Media tiga dimensi, Yaitu dalam bentuk model padat, model penampang
- Media Proyeksi, seperti slide,film,film stripe, penggunaan OHP,CD dan lain-lain
- Lingkungan,seperti halaman, sekolah,kebun sekolah, pasar, bukit, hutan sungai atau kali, took dan lain-lain.
Pembelajaran Yang berbasis ICT adalah Pembelajaran yang memakai media Teknologi dan Komunikasi ( Imformation, Comunication and Tehnology atau ICT).Pada bidang pembelajaran (Learning ) .Dengan menggunakan fasilitas elektronika (e), penggabungan antara keduanya disebut pembelajaran melalui elektronik atau e_learning . Dengan demikian, e-Lerning atau pembelajaran melalui on-line adalah pembelajarn yang pelaksanaanya didukung oleh teknologi seperti telep[on, audio,video,tape, trasmisi, atau komputer.
Penggunaan Media khususnya computer dalam pembelajaran sangat memudahkan bagi guru dalam menyajikan materi ,misalnya pada Progran Power Point, kita dapat menbuat gambar yang bergerak (animasi) ,materi dengan latar belakang gambar atau foto .Desain gambar lebih menarik , dapat merangsang siswa lebih banyak beraktivitas.Disamping itu siswa juga dapat mencari bahan-bahan atau materi dari internet
Sebagai media yang diharapkan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar mengajar di sekolah, internet diharapkan mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif antara guru dan siswa . Dari sejumlah studi yang telah dilakukan,menunjukkan bahwa internet memang bisa dipergunakan sebagai media pembelajaran, seperti studi telah dilakukan oleh center for applied Special Technology ( CAST) pada tahun 1996. Kemudia sebuah studi eksprimen mengenal penggunaan internet untuk mendukung kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggeri yang dilakukan oleh ANNE L. Rantie dan kawan-kawan di SMU 1 BPK Penabur Jakarta pada tahun 1999, menunjukkan bahwa murid yang terlibat dalam ekprimen tersebut memperlihatkan peningkatan kemampuan mereka secara signifikan dalm menulis dan membuat karangan dalam bahasa Inggeris.
BAB III. Prosedur Penelitian
1. Subjek
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 3 .SMA N 4 dan kelas XII IPA 2 SMAN 2 Kendari
Waktu dan Tempat
Kegiatan tindakan kelas ini akan dilaksanakan pada semester genap tahu
n pelajaran 2008/2009 di kelas XII IPA 3 SMAN 4 dan SMAN 2 KENDARI Faktor yang diselidiki
Untukm menjawab permasalahan dari kegiatan ini, maka ada beberapa faktor yang akan diselidiki:
a. Faktor Siswa
Faktor yang diselidiki adalah penguasaan materi meliputi sasaran belajar tipe isi berupa fakta, konsep, prosedur dan prinsip dari materi pokok Listrik Statis.
b. Faktor Guru
Hal yang diselidiki tentang faktor guru adalah bagaimana mempersiapkan materi pelajaran dan memodelkan , medesain dan membelajarkan siswa mwnggunkan media ICT. Fokus pengamatan lainnya adalah kemampuan guru dalam menorganisasikan dan membimbing siswa baik secara kelompok maupun individu dalm kegiatan pembelajaran.
c. Faktor sumber dan media pembelajaran
Faktor yang diselidiki tentang materi dan media pembelajaran apakah sudah sessuai dengan kompetensi dasar dan indikator hasil belajar. Demikian pula dengan perangkat pembelajaraan yang digunakan berupa buku dan lembar kegiatan siswa sudah sesuai dengan kemampuan siswa.
2. Rencana Tindakan
Prosedur kegiatan ini direncanakan terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan berdasarkan indikator yang ingin dicapai pada setiap faktor yang diselidiki. Untuk mendapatkan pemahaman awal siswa tentang konsep Listrik Statis maka dilakukan tes awal yang hasilnya akan dijadikan tolok ukur dalam menetapkan tindakan.
Pelaksanaan tindakan pada setiap siklus dilakukan dengan melalui Prosedur 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi dan evaluasi 4. refleksi . untuk lebih jelasnya dilihat seperti diagram berikut: .
Pertama :P ersiapan
Dalam tahap ini, guru menyusun RPP, menganalisa Materi, tentang Listrik Statis .Pada Tahap ini kelompok sudah bisa dibentuk agar tidak memakan waktu lama, jika berlangsung PBM .Mempersiapkan media pembelajaran ICT.
Kedua : Penyajian Materi
Kegiatan penyajian materi dalam PBM dilakukan dikelas dengan guru membawa alat-alat media misalnya: Laptop,LCD dan perangkat laiinya. Materi Listrik Statik pada CD ditayangkan .
Ketiga : Interaksi kelompok .
Dalam kerja di kelas. Guru menjelaskan materi kesetimbangan dengan memakai media ICT. Setelah itu ada LKS yang diisi didiskusikan didiskusikan terhadap kelompoknya tentang materi itu.. Kemudian siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di LKS itu.Setelah itu guru mengumpulkan hasil test tersebut.
Keempat : Penyajian Hasil Belajar
Untuk menguji hasil belajar siswa baik dalam proses maupun setelah PBM Maka guru harus memberikan tes kepada siswa secara tertulis ( pre-test ), kemudian dilanjutkan dengan test ( kuiz) dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman atau skor nilai yang diperoleh siswa setiap penyajian materi yang dipelajari dan test akhir( Post test) .diberikan pada saat penyajian materi yang tujuannyauntuk mengetahui kemajuan hasil belajar siswa dari seluruh rangkaian pembelajaran.
Kelima : Penskoran Kemajuan Individu
Pada tahap ini guru menghtiung skor kemajuan individu berdasarkan skor sebelumnya ( skor awal ) yang ditetapkan sebagai skor standar. Berdasarkan skor awal, SKBM sebagai patokan .Untuk melihat keberhasilan dari kelompoknya maka nilai pada kelompoknya dirata-tarakan sebagai bahan untuk melihat keamjuan kelompoknya dan dapat ditentukan kelompoknya mana yang unggul
5.Rencana Pengembangan
Pengembangan ini dilaksanakan melalui prosedur PTK Yaitu: a.Perencanaan b.Pelaksanaan tundakan c. Observasi/Evaluasi dan d. Refleksi
Secara rinci siklus pengembangan ini dijabarkan sebagai berikut:
SIKLUS I
A. Perencanaan
1. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: Penyiapan bahan Ajar, Sumber dan bahan Presentasi LKS .
2. Membuat test untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa pada materi itu.
3. Mempersipkan CD Pembelajarn fisika yang berhubungan dengan materi itu.
\
B. Pelaksanaan tindakan
Pada tahap ini semua Media sudah siap di operasikan , guru menayangkan materi itu yang didalmnya sudah ada Tujuan yang akan dicapai pada Kompetensi Dasar di materi itu . .Kemudian guru menyampaikan pertam apersepsi, Kegiatan inti dan kegiatan Akhir.
C.Refleksi
Pada Tahap ini di adakan test sebagai kegiatan terakhir dari suatu materi untuk menjadi bahan nilai untuk masuk ke siklus selanjutnya..
Indikator keberhasilan Siklus 1:
Indikator keberhasilan siklus 1, apabila 65% siswa telah mencapai ketuntasan belajar produk dan proses secara klasikal dengan skor 70
SIKLUS II
1. Perencanaan
Kegiatan perencanaan yang dilakukan dalam siklus II adalah sebagai berikut:
a. Menetapkan/merumuskan keunggulan dan kelemahan yang dicapai pada kegiatan siklus 1,
b. Meninjau kembali Rencana pembelajaran pada pada materi pokok Listrik Statik
c. Mengevalusi kembali media “ ICT” Lembar kerja Siswa( LKS) , lembar observesi untuk krgiatan siswa dan guru, alat evaluasi penilaian proses dan hasil belajar yang telah disiapkan.
2. Pelaksanaan Tindakan
Kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap ini adalah melaksanakan skenario pada RPP topik 03 : tentang hukum Gauss dan
Topik 04 : potensial listrik .Adapun gambaran pelaksanaan tindakan pada siklus II:
• Kegiatan Pendahuluan
- Guru membimbing siswa melakukan apersepsi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
• Kegiatan Inti
- Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang berhubungan dengan topik 03 Hukum gauss dan potensial listrik dengan menggunakan media ICT
- Guru membagi siswa ke dalam kelompok dan diminta mengerjakan LKS dengan bantuan media ICT
- Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan rebutan antara kelompok untuk mengethui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pokok bahasan Hukum Gauss dan
- Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik.
• Kegiatan Penutup
- Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran
- Guru memberi tugas membuat jurnal sebagai refleksi dari hasil kegiatan pembelajaran
- Pada akhir siklus 2, guru melakukan evaluasi ujian formatif
3. Obsevasi / Evaluasi
Pelaksanaan observasi dimaksudkan untuk mengetahui keaktifan siswa dan kemampuan guru membimbing dan memfasilitasi dalam pembelajaran melalui media ICT .Evaluasi dilaksanakan untuk megetahui sejauh mana siswa menguasi konsep setelah dieberikan tindakan. Evaluasi hasil belajar dengan menggunakan tes tertulis bentuk uraian dan tes unjuk kerja berupa ujian prosedur.
4. Refleksi
Hasil refleksi digunakan untuk menetapkan langkah- langkah lebih lanjut
5. Indikator keberhasilan Siklus II:
Indikator keberhasilan siklus II, apabila 75 % siswa telah mencapai ketuntasan belajar produk dan proses secara klasikal dngan skor 70.
G. Data Dan Cara Pengambilannya
1. Sumber Data
Sumber data ini adalah dari personil yang terdiri dari siswa dan guru
2.Jenis data
Jenis data yang diperoleh adalah data kuatitatif dan kualitatif yang terdiri dari :
a. Tes hasil belajar berupa tes hasil belajar produk dan tes unjuk kerja
b.Lembar obsevasi
c.Jurnal siswa
3. Cara Pengambilan data
Cara Pengambilan data dalam penelitian adalah sebagai berikut:
1.Konsepsi siswa tentang Listrik Statis. Diperolehdengan cara sebagai berikut:
a. Konsepsi awal siswa sebelum mengikuti proses pembelajaran diperoleh melalui lembar jawaban pertanyaan yakni dengan cara meminta siswa menjawab pertanyaan secara tertulis sebagai kegiatan awal dari tiap-tiap proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Konsepsi siswa setelah mengikuti pembelajaran diperoleh melalui tes akhir pada setiap siklus pembelajaran .
2. Aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran diperoleh dengan
Cara mengamati kegiatan siswa yang ada kaitannya dengan proses
pembelajaran dengan mencatatnya pada lembar observasi
4. Analisis Data
Pengolahan data penelitian ini dengan mwnggunakan analisis deskriptif yaitu:
1.Menentukan validitas suatu item menggunakan rumus korelasi product moment
dengan angka kasar sebagai berikut :
r xy= N _Sxy - ( Sx ) (Sx ) ( _Sy)
√[ (N Sx2 – (Sx)2 – (Sy)2]
Keterangan :
X = skor item
Y = Skor total
N = Jumlah subjek
Rxy= Validitas suatu item
Penafsiran Valid atau tidaknya setiap butir soal digunakan aturan sebagai berikut : untuk mengiterpretsi rxy digunakan derajat kebebasan ( db) ( N – 2 ) kemudian dicocokkan dengan tabel r produk moment, apabila nilai rxy ≥ r tabel maka item tersebut valid dan sebaliknya jika rxy < rtabel maka item tersebut tidak valid.
2. Menentukan Realibilitas Tes
Untuk menentukann relibil itas item soal obyektif digunakan rumus KR 20 dengan rumus sebagai berikut :
r11 = n s2 Spq
n-1 s2
Keterangan :
r11 = Realibilitas tes secara keseluruhan
n = Banyaknya item
p = Proporsi subjek yang menjawab item dengan benar
q = Proporsi subyek yang menjawab item dengan salah
Ξ pq = Jumlah hasil perkalian antara p dan q
S = Standar daviasi dari tes
Arikunto ( 1991 : 96 )
3. Menentukan rata-rata aktivitas siswa :
Untuk menentukan rata-rata aktivitas belajar siswa selama dalam kelompok,
dengan pengkategorian sebagai berikut :
1 ≤ xi < 2 : Kategori kurang
2 ≤ xi < 3 : Kategori cukup
3 ≤ xi < 4 : Kategori baik
xi = 4 : Kategori baik sekali
( safari, 2003 )
Penjelasan pengkategorian rata-tara aktivitas siswa adalah sebagai berikut :
– Kategori baik sekali apabila dalam suatu kelompok terdapt empat siswa atau semua siswa mampu menerapkan semua satuan aktivitas yang dinilai.
– Karegori baik apabila dalam suatu kelompok terdapat satu siswa yang kurang mampu menerapkan semua satuan aktivitas yang dinilai.
– Kategori cukup apabila dalam suatu kelompok terdapat dua siswa yang kurang mampu menerapkan semua satuan aktivitas yang dinilai.
– Kategori kurang apabila dalam satu kelompok terdapat tiga siswa yang kurang mampu menerapkan semus satuan aktivitas yang dinilai.
4 Menentukan rata-rata hasil belajar dari sampel dengan rumus :
H. Jadwal
Kegiatan ini direncanakan berlansung sekitar 3 bulan terhitung bulan Januari s.d bulan Maret 2008 dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
No. Kegiatan BULAN / TAHUN 2008
Januari Pebruari Maret Ket
1. Persiapan
Pertemuan Antar Tim
Membuat RPP
Membut lembar observasi
Membuat MEDIA ICT
2. Siklus I
a. Perencanaan
b. Pelaksanaan tindakan
c. Observasi dan evaluasi
d. Refleksi
3 Siklus II
a. Perencanaan
b. Pelaksanaan tindakan
c. Observasi dan evaluasi
d. Refleksi
Tabulasi analisis data
Penyususunan draff hasil
Pembuatan laporan akhir
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Analisa Deskriftif
Berdasarkan analisa data yang dilakukan pada penelitian ini , yaitu analisa deskriftif
bahwa siswa dalam kelompok untuk setiap untuk setiap siklus dapat dilihat pada tabel 4.1 berikut
Tabel 4.1 Rata-rata aktivitas siswa selama dalam kelompok
PERTEMUAN KELOMPOK RATA-RATA NILAI AKTIVITAS KATEGORI AKTIVITAS
SISWA DALAM KELOMPOK
I I 2.6 CUKUP
II 2.4 CUKUP
III 2.3 CUKUP
IV 2.5 CUKUP
V 2.4 CUKUP
VI 2.3 CUKUP
VII 2.3 CUKUP
VIII 2.4 CUKUP
IX 2.3 CUKUP
X 2.3 CUKUP
XI 2.3 CUKUP
rata-rata akt siklus I 2.372727273 CUKUP
II I 3.8 Baik
II 3.7 Baik
III 3.2 Baik
IV 3.4 Baik
V 3.6 Baik
VI 3.8 Baik
VII 3.9 Baik
VIII 2.7 cukup
IX 3.5 Baik
X 3.8 Baik
XI 3.9 Baik
rata-rata akt siklus II 3.572727273
GRAFIK
4
3,57
3 2,3
2
1
0 siklus I siklus II
Grafik 4.1 Grafik rata-rata aktivitas siswa dalam kelompok
TABEL4.2 NILAI RATA-TARA SATUAN AKTIVITAS SISWA YANG DINILAI
Satuan Aktivitas Siswa yg dinilai Pertemuan Siklus Kelompok Rata-rata Rata-rata Rata-tara
Nilai Nilai Satuan Nilai satuan
Satuan Aktivitas Aktiviytas
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 Aktivitas Siswa yang Siswa yang
siswa yang Dinilai / Dinilai secara
Dinilai / Siklus keseluruhan
Pertemuan
Berada dalam tugas I I 3 3 3 2 3 4 3 3 3 3 4 3.10 3.35 3.35
II II 4 3 4 3 4 4 3 3 4 4 4 3.60
Bertanya I I 2 3 3 3 2 2 3 2 3 2 4 2.70 3.05 3.05
II II 3 4 4 4 3 3 3 4 3 3 3 3.40
Mengemukakan pendapat I I 2 3 3 3 3 2 3 3 3 3 3 2.90 3.20 3.20
II II 3 3 3 3 4 3 4 3 4 4 4 3.50
Menjawab Pertanyaan I I 2 3 3 2 2 2 3 3 3 2 2 2.50 2.85 2.85
II II 3 3 3 3 4 3 4 3 3 3 3 3.20
Menyelesaikan Soal I I 3 3 3 4 3 3 3 3 3 3 3 3.10 3.30 3.30
II II 3 4 4 3 3 3 4 4 4 3 3 3.50
Mengerjakan kegiatan I I 3 3 3 3 3 3 2 3 3 3 3 2.90 3.15 3.15
II II 4 4 3 3 3 4 3 4 3 3 4 3.40
TABEL 4.3 NILAI HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS
NO Nama Kelompok NA Rata-rata NS.I Rata-rata NS II Rata-rata Post-test Rata-rata
NA dalam NS.I dalam NS II Post-Test
kelompok kelompok Dalam dalam
kelompok kelompok
1 AMR 7 5.31 6.5 6.8625 8.5 7.425 8.75 7.75
2 AGF I 4.75 6.75 7.5 7.75
3 ARA 4.5 7.5 7 7.5
4 A.GU 5 6.7 6.7 7
5 MADI 6.75 5.00 6.75 7.00 8 7.6875 8.5 8.1875
6 RINA II 3.75 7.5 7.75 8
7 FID 4.5 5.75 7 7.75
8 AYU 5 8 8 8.5
9 DWI 4.75 5.25 6.75 6.69 7.75 7.625 8.25 7.9375
10 FAHRI III 5 5.76 8 8.5
11 GRACE 6.5 6.75 6.75 7
12 GRIFI 4.75 7.5 8 8
13 GRIKA 7 5.3125 6.5 6.8625 6.75 7.375 7.25 7.75
14 ASNI IV 5.5 7.5 7.75 8.25
15 ERNA 4.75 8 8 8.25
16 HOT 4 5.45 7 7.25
17 JENI 4.5 5.1625 6.75 6.5625 8.25 8.1 8.5 8.375
18 MILA V 5.65 5.75 7.65 8
19 LANI 6 6.75 8.5 8.5
20 INDIYA 4.5 7 8 8.5
21 NIAR 7.5 5.75 8 7.00 8 8 9 8.75
22 MEGA VI 4.5 7.5 7.75 8.5
23 MITA 6.5 6.75 8.5 9
24 RISAL 4.5 5.75 7.75 8.5
25 RAN 6.5 5.5625 6.76 6.94 8.5 8.125 8.5 8.5625
26 NIAR VII 4.75 7.5 8.25 9
27 NIKE 5 6.5 7.75 8.5
28 NURUL 6 7 8 8.25
29 PANDE 4.5 5.8125 5.75 6.875 8 7.875 8.25 8.3375
30 LIA VIII 7 8 8.5 8.5
31 PUTU 6.75 7 7.5 8.6
32 WATY 5 6.75 7.5 8
33 RIZKY 5.5 5.0625 6.75 6.4375 7 7.6875 7.75 8.125
34 RUL IX 6.5 6 8.5 9
35 WATI 4.5 7 7.75 7.75
36 SRI 3.75 6 7.5 8
37 SUSIA 7.35 6.3375 6.75 6.5 8.5 7.9375 9.25 8.625
38 TITIN X 7 6.5 7.5 8.5
39 TRI 5.5 7 7.75 8.5
40 ULFA 5.5 5.75 8 8.25
41 UDIN 5.5 5.8375 8 6.85 7.5 8.4375 7.75 8.6875
42 ATUN XI 6.75 5.65 8.5 9
43 WAHYU 3.75 6.75 8.75 8.75
44 YUYUN 7.35 7 9 9.25
\JUMLAH 241.6 60.40 298.32 74.58 345.1 86.275 364.35 91.0875
Rata-rata 5.491 5.490909 6.78 6.78 7.8432 7.843182 8.280682 8.280682
Kentuntasan
Belajar 54,4% 67,8% 78,4% 82,8%
Klasikal \
Ket: : Nilai Awal
N.S.I = Siklus I
N.S.I = Siklus II
Untuk lebih jelasnya , gambaran nilai hasil belajar siswa secara keseluruhan dari tes awal, tes akhir
setiap dan siklus dan post test dapat dilihat dalm bentuk gambar 4.4 berikut : \
8,28
8
7,84
6,78
6 5,44
4
2
0 tes awal tes akhir tes akhir post test
siklus I siklus II
Gambar 4.4 Grafik nilai hasil belajar siswa
Dan untuk gambaran nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam kelompok secara keseluruhan dari test awal
tes akhir siklus I dan II serta post test dapat dilihat dalm bentuk gambar 4.5 berikut :
8,28
8 7,84
6,78
6 5,44
4
2
0 tes awal tes akhir tes akhir post test
siklus I siklus II
Gambar 4.5 Grafik Nilai Rata-rata hasil belajar Siswa dalam kelompok
Gambaran presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal dan tes akhir tindakan
siklus I dan Siklus II serta post test dapat dilihat pada gambar 4.6 berikut :
100%
90% 82,8%
80% 78,4%
70% 67,8%
60% 54,4%
50%
40%
30%
20%
10%
0%
tes awal tes akhir tes akhir post test
siklus I siklus II
Gambar 4.6 Grafik ketuntasan hasil belajar
Tabel 4.7
ANALISIS BUTIR SOAL
Mata Pelajaran : Fisika Pertemuan ke : Pertama pertama
Kelas : XII-IPA 3 Materi Pokok : Listrik Statik listrik Statis
NO NAMA SISWA BUTIR SOAL
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 j. skor
1 ACHMAD MARZUKI 1 0 1 1 0 0 1 0 0 1 5
2 AGRIFA HENDRY 0 1 1 1 0 0 1 1 0 1 6
3 AHMAD RANI 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 7
4 ANDI AGUNG 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 8
5 ACHMADI 1 1 0 0 1 0 1 1 1 1 7
6 ASRINA 1 1 1 1 1 1 1 1 0 0 8
7 DAFID Y. 1 1 0 1 1 0 0 1 0 1 6
8 DEWA AYU 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 7
9 DWI FEBRINTY 1 1 1 1 1 1 0 0 1 7
10 FAHRI 0 1 1 0 1 1 1 1 0 1 7
11 GRACE 1 0 0 0 1 0 1 0 1 1 5
12 GRIFI 1 0 1 1 1 1 0 1 0 1 7
13 GRIKA 0 1 1 0 1 1 1 1 0 1 7
14 HASNI HASAN 0 1 1 0 1 1 0 1 1 1 7
15 HERNAWATY 1 1 1 1 1 0 0 1 0 1 7
16 HOT ASIH 1 0 1 1 0 1 0 1 0 1 6
17 JENI UTARI 1 1 0 1 1 0 1 1 0 0 6
18 KARMILA 1 1 0 1 1 1 1 0 0 0 6
19 LANNY REGINA 1 0 1 1 1 0 1 1 1 0 7
20 LANNYA INDIYANTI 1 1 1 0 1 0 0 1 0 1 6
21 MASNIAR 0 1 0 1 1 1 1 1 1 0 7
22 MEGAWATI 1 1 1 1 0 1 0 1 0 1 7
23 MITA 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 7
24 MUH.AFRISAL 1 1 1 1 0 0 1 1 0 0 6
25 MUH. BUSRAN 1 0 0 1 1 1 1 1 0 0 6
26 NIA PRATIWI 1 0 0 0 1 1 1 1 0 1 6
27 NIKE 1 0 1 0 1 0 1 1 0 1 6
28 NURUL HIJRAH 1 1 1 1 1 0 1 0 0 1 7
29 PANDE 1 1 0 0 1 1 1 1 0 0 6
30 PRISILIA 1 1 1 0 1 1 1 1 0 0 7
31 PUTU ADRI 1 1 1 0 0 1 1 1 0 1 7
32 RISNAWATY 1 0 0 0 1 0 0 1 1 1 5
33 RIZKY 1 1 0 1 1 1 1 1 0 0 7
34 SABARUL 1 1 1 0 1 1 0 1 0 1 7
35 ST.RAHMAWATI 1 1 0 0 0 1 1 1 0 1 6
36 SRI RAMDANI 1 1 1 0 1 0 1 1 0 1 7
37 SUSIA 1 1 1 0 1 0 1 1 0 1 7
38 TITIN 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 8
39 TRI PUSPA RANI 1 1 0 0 1 1 0 1 0 1 6
40 ULFA SARI 1 1 0 0 1 1 1 1 0 1 7
41 UDIN 1 1 1 0 1 0 1 1 1 0 7
42 UZWATUN 0 1 1 0 1 0 1 1 0 1 6
43 WAHYU 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 7
44 YUYUN 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 8
Jumlah 36 35 28 19 34 23 33 39 12 33 292
r xy -0.07 0.5113 0.394 0.056 0.1 0.206 0.168 0.307 0.094 0
inv val val inv inv inv inv val inv inv
p 0.818 0.7955 0.636 0.432 0.773 0.523 0.767 0.886 0.273 0.75
q 0.182 0.2045 0.364 0.568 0.227 0.477 0.233 0.114 0.727 0.25
pq 0.149 0.1627 0.231 0.245 0.176 0.249 0.178 0.101 0.198 0.188
S pq 1.878 1.7296 1.567 1.335 1.09 0.915 0.665 0.487 0.386 0.188
S2 66.76 68.469 6966 7719 8539 9755 11130 13169 16214 16770
r11 0.994
TABEL 4.8 ANALISIS BUTIR SOAL
Mata Pelajaran : Fisika Pertemuan ke : Pertama Kedua
Kelas : XII-IPA 3 Materi Pokok : Listrik Statik Fluks Magnetik
NO NAMA SISWA BUTIR SOAL
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 j. skor
1 ACHMAD MARZUKI 1 0 1 1 0 0 1 0 1 1 6
2 AGRIFA HENDRY 0 1 1 1 0 1 1 1 0 1 7
3 AHMAD RANI 1 1 0 0 1 1 1 1 1 1 8
4 ANDI AGUNG 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 8
5 ACHMADI 1 1 0 0 1 0 1 1 1 1 7
6 ASRINA 1 1 1 1 0 1 1 1 0 0 7
7 DAFID Y. 0 1 0 1 1 0 1 1 0 1 6
8 DEWA AYU 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 7
9 DWI FEBRINTY 1 1 1 1 1 1 0 0 1 7
10 FAHRI 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 9
11 GRACE 0 1 0 1 1 0 1 0 1 1 6
12 GRIFI 1 0 1 1 0 1 1 1 0 1 7
13 GRIKA 1 1 1 1 1 0 1 0 0 1 7
14 HASNI HASAN 0 1 1 0 0 1 1 1 1 1 7
15 HERNAWATY 1 1 1 1 1 0 0 1 0 1 7
16 HOT ASIH 0 1 1 1 0 1 1 1 0 1 7
17 JENI UTARI 1 1 0 1 1 0 1 1 1 0 7
18 KARMILA 1 1 0 1 1 1 1 0 0 0 6
19 LANNY REGINA 0 0 1 1 1 1 1 1 1 0 7
20 LANNYA INDIYANTI 1 1 1 0 1 0 0 1 0 1 6
21 MASNIAR 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 9
22 MEGAWATI 0 1 1 1 0 1 1 1 0 1 7
23 MITA 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 8
24 MUH.AFRISAL 0 1 1 1 1 1 1 1 0 0 7
25 MUH. BUSRAN 0 0 0 1 1 1 1 1 1 0 6
26 NIA PRATIWI 1 0 0 0 1 1 1 1 1 1 7
27 NIKE 0 1 1 1 1 0 1 1 0 1 7
28 NURUL HIJRAH 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 8
29 PANDE 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 8
30 PRISILIA 1 1 1 1 0 1 1 1 0 1 8
31 PUTU ADRI 1 1 1 0 0 1 1 1 0 1 7
32 RISNAWATY 0 0 1 1 1 0 0 1 1 1 6
33 RIZKY 1 1 0 1 1 1 1 1 0 1 8
34 SABARUL 0 1 1 0 1 1 0 1 0 1 6
35 ST.RAHMAWATI 0 1 0 1 0 1 1 1 1 1 7
36 SRI RAMDANI 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 9
37 SUSIA 1 1 1 0 0 0 1 1 1 1 7
38 TITIN 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 9
39 TRI PUSPA RANI 1 1 0 1 0 1 1 1 0 1 7
40 ULFA SARI 0 1 0 0 1 1 1 0 1 1 6
41 UDIN 1 1 1 1 0 0 1 1 1 0 7
42 UZWATUN 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 8
43 WAHYU 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 9
44 YUYUN 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 8
jumlah 27 37 30 32 29 27 39 38 21 37 318
rxy 0.304 0.3207 0.226 0.154 0.075 0.148 0.345 0.394 0.062 0.248
val val inv inv inv inv val val inv inv
p 0.614 0.8409 0.682 0.727 0.659 0.614 0.907 0.864 0.477 0.841
q 0.386 0.1591 0.318 0.273 0.341 0.386 0.093 0.136 0.523 0.159
pq 0.237 0.1338 0.217 0.198 0.225 0.237 0.084 0.118 0.249 0.134
Spq 1.833 1.5963 1.462 1.246 1.047 0.822 0.585 0.501 0.383 0.134
S2 31.81 32.617 8130 8988 10065 11371 12971 15382 18603 19740
r11 0.964
Tabel 4.7
ANALISIS BUTIR SOAL
Mata Pelajaran : Fisika Pertemuan ke : Pertama pertama
Kelas : XII-IPA 3 Materi Pokok : Listrik Statik listrik Statis
NO NAMA SISWA BUTIR SOAL
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 j. skor
1 ACHMAD MARZUKI 1 0 1 1 0 0 1 0 0 1 5
2 AGRIFA HENDRY 0 1 1 1 0 0 1 1 0 1 6
3 AHMAD RANI 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 7
4 ANDI AGUNG 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 8
5 ACHMADI 1 1 0 0 1 0 1 1 1 1 7
6 ASRINA 1 1 1 1 1 1 1 1 0 0 8
7 DAFID Y. 1 1 0 1 1 0 0 1 0 1 6
8 DEWA AYU 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 7
9 DWI FEBRINTY 1 1 1 1 1 1 0 0 1 7
10 FAHRI 0 1 1 0 1 1 1 1 0 1 7
11 GRACE 1 0 0 0 1 0 1 0 1 1 5
12 GRIFI 1 0 1 1 1 1 0 1 0 1 7
13 GRIKA 0 1 1 0 1 1 1 1 0 1 7
14 HASNI HASAN 0 1 1 0 1 1 0 1 1 1 7
15 HERNAWATY 1 1 1 1 1 0 0 1 0 1 7
16 HOT ASIH 1 0 1 1 0 1 0 1 0 1 6
17 JENI UTARI 1 1 0 1 1 0 1 1 0 0 6
18 KARMILA 1 1 0 1 1 1 1 0 0 0 6
19 LANNY REGINA 1 0 1 1 1 0 1 1 1 0 7
20 LANNYA INDIYANTI 1 1 1 0 1 0 0 1 0 1 6
21 MASNIAR 0 1 0 1 1 1 1 1 1 0 7
22 MEGAWATI 1 1 1 1 0 1 0 1 0 1 7
23 MITA 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 7
24 MUH.AFRISAL 1 1 1 1 0 0 1 1 0 0 6
25 MUH. BUSRAN 1 0 0 1 1 1 1 1 0 0 6
26 NIA PRATIWI 1 0 0 0 1 1 1 1 0 1 6
27 NIKE 1 0 1 0 1 0 1 1 0 1 6
28 NURUL HIJRAH 1 1 1 1 1 0 1 0 0 1 7
29 PANDE 1 1 0 0 1 1 1 1 0 0 6
30 PRISILIA 1 1 1 0 1 1 1 1 0 0 7
31 PUTU ADRI 1 1 1 0 0 1 1 1 0 1 7
32 RISNAWATY 1 0 0 0 1 0 0 1 1 1 5
33 RIZKY 1 1 0 1 1 1 1 1 0 0 7
34 SABARUL 1 1 1 0 1 1 0 1 0 1 7
35 ST.RAHMAWATI 1 1 0 0 0 1 1 1 0 1 6
36 SRI RAMDANI 1 1 1 0 1 0 1 1 0 1 7
37 SUSIA 1 1 1 0 1 0 1 1 0 1 7
38 TITIN 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 8
39 TRI PUSPA RANI 1 1 0 0 1 1 0 1 0 1 6
40 ULFA SARI 1 1 0 0 1 1 1 1 0 1 7
41 UDIN 1 1 1 0 1 0 1 1 1 0 7
42 UZWATUN 0 1 1 0 1 0 1 1 0 1 6
43 WAHYU 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 7
44 YUYUN 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 8
Jumlah 36 35 28 19 34 23 33 39 12 33 292
r xy -0.07 0.5113 0.394 0.056 0.1 0.206 0.168 0.307 0.094 0
inv val val inv inv inv inv val inv inv
p 0.818 0.7955 0.636 0.432 0.773 0.523 0.767 0.886 0.273 0.75
q 0.182 0.2045 0.364 0.568 0.227 0.477 0.233 0.114 0.727 0.25
pq 0.149 0.1627 0.231 0.245 0.176 0.249 0.178 0.101 0.198 0.188
S pq 1.878 1.7296 1.567 1.335 1.09 0.915 0.665 0.487 0.386 0.188
S2 66.76 68.469 6966 7719 8539 9755 11130 13169 16214 16770
r11 0.994
TABEL 4.8 ANALISIS BUTIR SOAL
Mata Pelajaran : Fisika Pertemuan ke : Pertama Kedua
Kelas : XII-IPA 3 Materi Pokok : Listrik Statik Fluks Magnetik
NO NAMA SISWA BUTIR SOAL
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 j. skor
1 ACHMAD MARZUKI 1 0 1 1 0 0 1 0 1 1 6
2 AGRIFA HENDRY 0 1 1 1 0 1 1 1 0 1 7
3 AHMAD RANI 1 1 0 0 1 1 1 1 1 1 8
4 ANDI AGUNG 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 8
5 ACHMADI 1 1 0 0 1 0 1 1 1 1 7
6 ASRINA 1 1 1 1 0 1 1 1 0 0 7
7 DAFID Y. 0 1 0 1 1 0 1 1 0 1 6
8 DEWA AYU 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 7
9 DWI FEBRINTY 1 1 1 1 1 1 0 0 1 7
10 FAHRI 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 9
11 GRACE 0 1 0 1 1 0 1 0 1 1 6
12 GRIFI 1 0 1 1 0 1 1 1 0 1 7
13 GRIKA 1 1 1 1 1 0 1 0 0 1 7
14 HASNI HASAN 0 1 1 0 0 1 1 1 1 1 7
15 HERNAWATY 1 1 1 1 1 0 0 1 0 1 7
16 HOT ASIH 0 1 1 1 0 1 1 1 0 1 7
17 JENI UTARI 1 1 0 1 1 0 1 1 1 0 7
18 KARMILA 1 1 0 1 1 1 1 0 0 0 6
19 LANNY REGINA 0 0 1 1 1 1 1 1 1 0 7
20 LANNYA INDIYANTI 1 1 1 0 1 0 0 1 0 1 6
21 MASNIAR 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 9
22 MEGAWATI 0 1 1 1 0 1 1 1 0 1 7
23 MITA 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 8
24 MUH.AFRISAL 0 1 1 1 1 1 1 1 0 0 7
25 MUH. BUSRAN 0 0 0 1 1 1 1 1 1 0 6
26 NIA PRATIWI 1 0 0 0 1 1 1 1 1 1 7
27 NIKE 0 1 1 1 1 0 1 1 0 1 7
28 NURUL HIJRAH 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 8
29 PANDE 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 8
30 PRISILIA 1 1 1 1 0 1 1 1 0 1 8
31 PUTU ADRI 1 1 1 0 0 1 1 1 0 1 7
32 RISNAWATY 0 0 1 1 1 0 0 1 1 1 6
33 RIZKY 1 1 0 1 1 1 1 1 0 1 8
34 SABARUL 0 1 1 0 1 1 0 1 0 1 6
35 ST.RAHMAWATI 0 1 0 1 0 1 1 1 1 1 7
36 SRI RAMDANI 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 9
37 SUSIA 1 1 1 0 0 0 1 1 1 1 7
38 TITIN 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 9
39 TRI PUSPA RANI 1 1 0 1 0 1 1 1 0 1 7
40 ULFA SARI 0 1 0 0 1 1 1 0 1 1 6
41 UDIN 1 1 1 1 0 0 1 1 1 0 7
42 UZWATUN 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 8
43 WAHYU 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 9
44 YUYUN 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 8
jumlah 27 37 30 32 29 27 39 38 21 37 318
rxy 0.304 0.3207 0.226 0.154 0.075 0.148 0.345 0.394 0.062 0.248
val val inv inv inv inv val val inv inv
p 0.614 0.8409 0.682 0.727 0.659 0.614 0.907 0.864 0.477 0.841
q 0.386 0.1591 0.318 0.273 0.341 0.386 0.093 0.136 0.523 0.159
pq 0.237 0.1338 0.217 0.198 0.225 0.237 0.084 0.118 0.249 0.134
Spq 1.833 1.5963 1.462 1.246 1.047 0.822 0.585 0.501 0.383 0.134
S2 31.81 32.617 8130 8988 10065 11371 12971 15382 18603 19740
r11 0.964
B PEMBAHASAN
Berdasarkan permasalahan dalam penelitian , bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media ICT dapat dijelaskan bahwa pada tindakan siklus I rata-rata aktivitas siswa selama dalam kelompok masih berada pada kategori cukup yaitu rata-rata 2,3. Hal ini berarti bahwa pada tindakan siklus I rata-rata setiap kelompok masih terdapat dua siswa yang kurang mampu menerapkan semua satuan aktivitas yang dinilai. Selajutnnya rata-rata aktivita siswa yang kurang mampu menerapkan semua satuan aktivitas yang dinilai. Selanjutnya rata-rata aktivita siswa dalam kelompok pada tindakan siklus II. Mengalami peningkatan yaitu sudah berada pada kategori aktivitas baik yakni yang berarti pada siklus ke II rata-rata setiap kelompok hanya satu siswa yang kurang mampu menerapkan semua satuan aktivita yang dnilai. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar4.1.
Selanjutnya , nilai hasil belajar siswa sebelum pembelajaran ( tes awal) dengan menggunakan pendekatan media ICT sangatlah rendah dan belum mencapai standar ketuntasan belajar . Rata-rata nilai tes awal untuk tes siklus I yang dilakukan sebelum pembelajaran yaitu sebesar 5,49 dengan presentasi siswa yang tuntas adalah sebesar 54,4 % .setelah pelaksanaan tindakan pertama melalui pendekatan media ICT pada pokok bahasan LISTRIK STATIS pada kelas XII IPA 3 diperoleh gambaran ketuntasan belajar siswa melalui tes akhir tindakan siklus I., dimana dari 44 siswa yang memperoleh nilai atau sama dengan 6,5 hanya 27 orang dan 28 orang lain masih memperolah nilai dibawah 6,5 secara deskriftif nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tingakatan siklus I sebesar 6,78 dengan kletuntasan belajar secara klasikal sebesar 67,8 % sehingga dikategorikan masih rendah.
Jika dikaitkan dengan hasil observasi terhadap aktivitas siswa dalam kelompok untuk tindakan siklus I selama proses belajar mengajar secara deskriptif diperoleh bahwa tingkat aktivitas siswa masih berada pada kategori cukup. Hal ini disebabkan antara lain, siswa belum terlalu paham dengan penerapan pendekatan media ICT dalam proses pembelajaran , sehingga mengakibatkan tingkat aktivitas siswa belu sesuai apa yang diharapkan , seperti :
1. Ada beberapa siswa yang tidak berada dalam tugas. Ini ditandai dengan siswa sering meninggalkan kegiatan dalam kelompoknya , yang ada yang keluar masuk kelas dan ada pula yang pergi bergabung dengan kelompok lain.
2. Sebagian besar siswa tidak bertanya kepada guru, apabila menemukan kendala baik dalam menyelesaikan kegiatannya maupun dari penjelasan guru .
3. Sebagain besar siswa tidak mampu memberikan kontribusi / pendapat dalam menyelesaikan tugas-tugas kelompoknya
4. Banyak siswa yang tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan baik yang diajukan oleh guru maupun oleh anggota kelompoknya.
5. Ada beberapa siswa yang belum mampu menyelesaikan soal yang diberikan kepada kelompoknya.
6. Ada beberapa siswa yang tidak bersedia dan belum mampu mengerjakan kegiatan yang ditugaskan kepada kelompoknya.
Disamping itu juga, pada tindakan siklus I ini aktivitas guru dalam mengajar belum sesuai apa yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi terhadap guru, dalam menerapkan pendekatan Media pembelajaran ICT belum mencapai kriteria yang diharapkan. Refleksi terhadap kelemahan pelaksanaan tindakan pada siklus I terletak pada:
1. Guru kurang memotivasi siswa dalm mengungkapkan konsepsi awalnya.
2. Guru dalam menjelaskan materi pembelajaran secara garis besarnya saja.
3. Guru hanya membimbing siswa yang menaruh perhatian besar terdapat tugas/ kegiatan yang diberikan.
4. Guru kurang memberi petunjuk yang jelas sehubungan dengan kegiatan yang akan dikerjakan siswa.
5. Siswa kurang memberi umpan balik pertanyaan guna memberikan pemahaman siswa pada saat menjelakan materi pembelajaran.
Setelah melihat hasil obeservasi akativitas baik terhadap guru maupun terhadap siswa, maka peneliti melakukan perbaikan-perbaikan terhadap rencana pembelajaran dengan melakukan pembelajaran dengan melakukan aspek-aspek baik terhadap cara mengajar guru maupun terhadap aktivitas siswa dalam kelompok selama proses pembelajaran .
Selanjutnya peneliti kembali melakukan pembelajaran untuk tindakan siklus II pada Pokok Bahasan Fluks Magnetik dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.sebagi upaya memperbaiki pada siklus I dengan tetap menerapkan pendekatan pembelajaran ICT.
Adapun hal-hal yang dilakukan oleh peneliti pada tindakan siklus II sebagai upaya perbaikan pada tindakan siklus I yaitu :
1. Untuk Guru:
a. Guru hendaknya selalu memotivasi siswa dalam mengunkapkan konsepsi awalnya dengan cara memberikan fenomena yang bersifat kongkrit , sederhana namun berkaitan dengan konsep yang akan dipelajari.
b. Guru dalam mejelaskan materi pelajaran hendaknya secara terperinsci serta menggunakan bahasa-bahasa dalm struktur kognetif siswa, utamnya dalam penggunaan rumus-rumus.
c. Sebelum memberikan kegiatan , hendaknya guru memberikan petunjuk yang jelas agar seluruh siswa dapat mengerti maksud dari kegiatan yang mereka lakukan.
d. Dalam memberikan bimbingan/ dorongan diutamakan kepada kelompok siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan kegiatannya.
e. Guru harus selalu mengecek / memeriksa pemahaman siswa ketika menjelaskan materi pembelajaran dengan cara memberi umpan balik pertanyaan yang bersifat meminta suatu informasi.
2. Untuk Siswa
Guru hendaknya harus selalu memberikan fenomena yang bersifat kongkrit , sederhana namun berkaitan konsep yang akan dipelajari dengan pembuktian dimungkinkan siswa mampu bertanya, mengemukakan pendapat, menjawab pertanyaan , menyelesaikan soal serta mampu mengerjakan kegiatan yang ditugaskan kepada kelompoknya.
Hasil yang diperoleh siswa secara klasikal pada test akhir tindakan siklus II meningkat bila dibandingkan dengan siklusI.
Pada akhir pembelajaran , kembali dilakukan evaluasi/ tes akhir tindakan siklus II, dan diperoleh 35 siswa dari 44 siswa yang telah memperoleh ≥ 6,5 , hanya 9 siswa saja yang memperoleh nilai dibawah 6,5 dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 8,28 dengan ketuntasan belajar 82,8 % . Angka ini telah mencapai target ketuntasan belajar secara klasikal.
Berdasarkan hasil observasi pada siklus II ini baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa telah menunjukkan peningkatan yang positif, dalam arti bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan dalam rencana pembelajaran. Dimana kekurangan –kekurangan pada siklus I siudah diantisipasi. Sedangkan aktivitas siswa dalam kelompok telah mengalami peningkatan dalam arti bahwa sebagian besar siswa sudah aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini ditandai dengan .
1. selama proses pembelajaran berlangsung siswa selalu berada dalam kelompoknya.masing- masing serta bersdia menerima tugas apa punyang diberikan oleh teman kelompoknya.
2. Siswa sudah mampu mengerjakan kegiatan sekaligus menyelelesaikan soal yang ditugaskan kepada kelomponya.
3. Apabila terdapat hal-hal yang kurang dimengerti, tampa ragu-ragu siswa segera bertanya baik kepada anggota kelompoknya maupun kepada guru sehingga mereka mampu mengemukakan pendapatnya dan menjawab pertanyaan baik kepada anggota kelompoknya.
Selain itu pula siswa sudah menjadari dan memahami sasaran yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ICT sehinga sebagian besar siswa aktif dala proses belajar ,mengajar.
Sedangkan untuk rata-rata hasil bejara siswa dalam kelompok dari tes awal., tes tindakan siklus I dan Siklus II sampai pada post test mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada gambar 4.5 .Dimana pada test awal rata-rata hasil belajar dalam kelompok sebesar 5,44 , pada tindakan siklus I menjadi 6,78 dan pada tindakan siklus II menjadi 7,84, serta pada post test 8,28. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas siswa dalam kelompok siring dengan peningkatan hasil belajar siswa dalam kelompok.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, baik rata-rata aktivitas siswa dalam kelompok maupun nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Media ICT terlihat mengalami peningkatan dari siklus I, Siklus II sampai dengan post test. Rata-rata siswa dalam kelompok dapat dilihat dalam tabel 4.1 , dimana pada siklusI rata-rata aktivitas siswa dalam kelompok masih berada dalam kelompok masih berada pada kategori aktivitas cukup yakni 2,37 dalam arti bahwa rata-rata setiap kelompok masih terdapat 2 siswa yang kurang mampu menerapkan semua satuan aktivitas yang dinilai pada siklus II sudah meningkat dengan rata-rata aktivita 3,57 yaitu telah berada pada kategori aktivitas baik yang berarti bahwa rata-rata setiap kelompok hanya satu siswa yang kurang mampu menerapkan semua satuan aktivitas yang dinilai. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar dapat dilihat pada tabel 4.3 , dimana pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,78 dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 31 orang, dengan presentasi siswa yang tuntas belajar sebesar 70 % dan presentasi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebesar 30% -.
Pada Siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat bila di bandingkan dengan siklus I yaitu sebesar 7,84 dimana jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar belajar sebayak 44 siswa dan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 35 siswa dan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebayak 9 siswa dengan presentasi siswa yang tuntas belajar sebesar 81% dan yang belum mencapai ketuntasan belajar sebesar 19 % . Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa dalam kelompoknya serta hasil belajar siswa pokok bahasan Fluks magnetik segalah pemberian tindakan dengan menggunakan pembelajaran berbasis ICT diperioleh peningkatan baik rata-rata aktivitas siswa dalam kelompok maupun hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa penelitian yang telah dirumuskan sebelumnya dapat diterima.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran yang berbasis ICT pada siswa kelas XII IPA 3 SMAN 4 Kendari maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Rata-rata aktivitas siswa selama dalam kelompok pada siklus I masih berada pada kategori aktivitas cukup yakni 2,3 dan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa selama dalam kelompok meningkat menjadi 3,7
Yang berarti telah berada pada kategori aktivitas baik.
3. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 6,78 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 67,8% pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 7,82 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 78,4% .
B.Saran
Pada penelitian tindakan kelas pada materi Listrik Statis dengan pendekatan pembelajaran berbasis ICT maka disarankan bagi yang hendak menerapkan pada pembelajaranya ,peneliti mengharapkan microsof offic Power Poinnya sebaiknya yang berpariasi dan ada animasinya agar pembelajaran lebih interaktif, menyenangkan ,menantang,memotivasi dan insfirati. terima kasih.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim, 2005a, Sains 3 Hakekat Sains ( bahan Pelatihan PTBK). Jakarta
Degeng, 2005 : Media pembelajaran : Universitas PGRI Surabaya
Marten Kanginan : Fisika kelas xii ,penerbit erlangga
Sutikno, Sobry M. 2005. Pembelajaran efektif Apa dan bagaimana
mengupayakannya. Mataram NTP Press
Sardiman, A.M 2006, Interaksi da Motivasi belajar mengajar . Jakarta . Raja
Grafindo Persada
Gagne, Robert M. 1975. Essensial Of Learning for instruction Prinsip-prinsip
belajar unuk pengajaran .Alih Bahasa ( Abdillah Hanafi & Abdul
Manan)Surabaya. Usaha nasional
LAMPIRAN
Aktivitas Guru selama KBM
Pertemuan I
No Pengamatan Aktivita Guru Terlaksana SKOR
Ya Tidak 1 2 3 4
1 Memotivasi √ √
2 Menghubungkan pelajaran yang lalu √ √
3 Menyampaikan tujuan √ √
4 Menjelaskan tentang Listrik Statik dengan media ICT √ √
5 Membimbing Siswa mengerjakan LKS √ √
6 Mengevalusi √ √
Keterampilan Mengajar Lainnya
NO Aspek Yang Dinilai Terlaksana SKOR
ya tidak 1 2 3 4
1 Mengajukan pertanyaan yang memancing siswa untuk berfikir kritis √ √
2. Memberikan penghargaan atas respon siswa yang positip dan memberi tindak lanjut atas respon siswa yang negatif √ √
3 Merangsang siswa untuk terjadi interaksi √ √
4 Menciptakan suasana mengajar menyenangkan √ √
5 Menghubungkan konsep yang dipelajari dengan penerapan sehari-hari √ √
Ket:
(1): Kategori kurang Kendari 5-11- 2007
(2): Kategori cukup Pengamat,
(3) : Kategori baik
(4) : Kategori baik sekali ( Muh. Deril, S.Pd )
Aktivitas Guru selama KBM
Pertemuan II
No Pengamatan Aktivita Guru Terlaksana SKOR
Ya Tidak 1 2 3 4
1 Memotivasi √ √
2 Menghubungkan pelajaran yang lalu √ √
3 Menyampaikan tujuan √
4 Menjelaskan tentang Listrik Statik dengan media ICT √ √
5 Membimbing Siswa mengerjakan LKS √ √
6 Mengevalusi √ √
Keterampilan Mengajar Lainnya
NO Aspek Yang Dinilai Terlaksana SKOR
ya tidak 1 2 3 4
1 Mengajukan pertanyaan yang memancing siswa untuk berfikir kritis √ √
2. Memberikan penghargaan atas respon siswa yang positip dan memberi tindak lanjut atas respon siswa yang negatif √ √
3 Merangsang siswa untuk terjadi interaksi √ √
4 Menciptakan suasana mengajar menyenangkan √ √
5 Menghubungkan konsep yang dipelajari dengan penerapan sehari-hari √ √
Ket:
(1): Kategori kurang Kendari 12-11- 2007
(2): Kategori cukup Pengamat,
(3) : Kategori baik
(4) : Kategori baik sekali
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : FISIKA
KELAS / SEMESTER : XII / I
PERTEMUAN : X I ( Sebelas )
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENSI : 2. 2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik,
fluks, potensial listrik, energipotensial listrik serta
penerapannya pada keping sejajar
KOMPETENSI DASAR : 2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat
medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial
listrik serta penerapannya pada keping sejajar
INDIKATOR : • Mendeskripsikan gaya elektrostatik
(hukum Coulomb) pada muatan titik
1. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menformulasikan hukum Coulomb
:Siswa dapat menghitung gaya coulomb pada dua
Muatan yang segaris
: Siswa dapat menghitung gaya caolomb pada tiga
muatan yang berbentuk segitiga
: Siswa dapat menghitung kuat medan listrik oleh
distribusi muatan listrik
2. Materi Ajar : Gaya dan Medan Listrik
3. Metode Pengajaran : Eksprimen dan diskusi kelompok
4. Langkah Pembelajaran :
A.Kegiatan awal (Apersepsi )
- Apa yang terjadi pada sobekan kertas jika plastik yang sudah digosokkan pada rambut di dekatkan pada sobekan kertas tersebut ?
- Apa sebab layar TV atau layar komputer anda cepat berdebu ?
- Apa yang terjadi pada serbuk besi , jika didekatkan pada magnet U.
B Kegiatan Inti .
- Menjelaskan tentang gaya coulumb yang di LCD
- Masing- masing kelompok mendiskusikan tentang pertanyaan yang ada di LKS
- Kemudian setiap kelompok menyampaikan kepada guru hasil diskusi tersebut
- setiap kelompok lain menanggapi jawaban dari salah satu kelompok
C.Post test ( tes tertulis)
- Menelesaikan soal-soal yang diberikan
- Menjawab pertanyaan yang ada di LKS
_ Mengimformasikan materi selanjutanya.
5. Sumber Belajar: Buku Fisika Kelas XII-1 , LKS dan Media ICT
6. Penilaian : Terlampir
Mengetahui Guru mata Pelajaran
Kepala SMA Negeri 4 Kendari
( Drs. H. Basri Madjid ) ( Drs. Suparman )
NIP. 130 671 755 NIP. 132 117 233
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : FISIKA
KELAS / SEMESTER : XII / I
PERTEMUAN : XII ( Duabelas )
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENSI : 2. 2.1 Memformulasikan gaya
listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi
potensial listrik serta penerapannya pada keping
sejajar
KOMPETENSI DASAR : 2.. Memformulasikan gaya listrik, kuat
medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial
listrik serta penerapannya pada keping sejajar
INDIKATOR : • Mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss
untk mencari medan listrik bagi distribusi muatan
kontinu
1. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memformulasikan Hukum Gauss
: Siswa dapat menghitung Fluks Listrik pada suatu
Bidang
: Siswa dapat menghitung rapat muatan pada dua
keping sejajar
: Siswa dapat menghitung Kuat medan listrik pada
garis medan yang menembus keping.
: Siswa dapat menghiutung kuat medan listrik pada
konduktor bola berongga
2. Materi Ajar : Hukum Gauss
3. Metode Pengajaran : diskusi kelompok
4. Langkah Pembelajaran :
A.Kegiatan awal (Apersepsi )
a.Apa yang terjadi Jika Magnet U didekatkan pada serbuk besi ?
B. Kegiatan Inti
b. Menjelaskan Hukum Gauss yang ada di LCD
c. Membagikan LKS pada Setiap kelompok
d. Setiap kelompok mengisi pertanyaan yang ada di LKS
e. Kelompok menanggapi jawaban dari kelompok yang lain
f.
C. Post test ( tes tertulis)
a. Menelesaikan soal-soal yang pada LKS dan Di LCD
b. Mengumpulkan hasil pengisian dari lks dan pertanyaan pada LCD
c. Mengimformasikan materi selanjutanya.
5 Sumber Belajar: Buku Fisika XII, LKS dan Media Presentasi
6. Penilaian :
Mengetahui Guru mata Pelajaran
Kepala SMA Negeri 4 Kendari
( Drs. H. Basri Madjid ) ( Drs. Suparman )
NIP. 130 671 755 NIP. 132 117 233
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : FISIKA
KELAS / SEMESTER : XII / I
PERTEMUAN : XIII ( Tiga Belas )
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENSI : 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan
kemagnetan dalam berbagai penyelesaian
masalah dan produk teknologi
KOMPETENSI DASAR :2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan
istrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik
serta penerapannya pada keping sejajar
INDIKATOR : • Memformulasikan prinsip kerja kapasitor
keping sejajar
•
1. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menformulasikan potensial listrik
kaitannya dengan medan listrik
: Siswa dapat menghitung Energi Potensial listrik
pada dua muatan
Siswa dapat menghitung potensila listrik pada
muatan sumber titik
: Siswa dapat menghiutng potensial listrik pada
beberapa muatan sumber titik
: Siswa dapat menghitung potensila listrik untuk
kunduktor bola berongga.
2. Materi Ajar : PotensialListrik
3. Metode Pengajaran :diskusi kelompok
4. Langkah Pembelajaran :
D. Kegiatan awal (Apersepsi )
a. Apa yang dimaksud dengan Energi Potensial
b. Apa yang dengan beda potensial
E. Kegiatan Inti
a. Menjelaskan tentang potensial listrik pada LCD
b. Membagikan LKS pada Setiap kelompok
c. Setiap kelompok mengisi pertanyaan yang ada di LKS
d. Kelompok menanggapi jawaban dari kelompok yang lain
F. sejajar Post test ( tes tertulis)
a. Menelesaikan soal-soal yang pada LKS dan Di LCD
b. Mengumpulkan hasil pengisian dari lks dan pertanyaan pada LCD
c. Mengimformasikan materi selanjutanya.
.
5.Sumber Belajar: : Buku Fisika XII, LKS dan Media Presentasi
6. Penilaian :
Mengetahui Guru mata Pelajaran
Kepala SMA Negeri 4 Kendari
( Drs. H. Basri Madjid ) ( Drs. Suparman )
NIP. 130 671 755 NIP. 132 117 233
SOAL UNTUK SIKLUS I
PILIHAN GANDA
1. Sebuah benda dikatakan bermuatan positif apabila benda tersebut ……………
A. Kekurangan elektron D. Kelebihan netron
B. Kekurangan elektron E. Semua jawaban salah
C. Kelebihan elektron
2. Muatan A manolak muatan B dan menarik muatan C sedangkan muatan C menolak muatan D. Jika C bermuatan positif………………….
A. Muatan A positif D. Muatan D Negatif
B. Muatan B positif E. Muatan A Netral
C. Muatan A Negatif
3. Dua buah muatan berjarak r satu sama lain, tarik menarik dengan gaya F. Jika jarak antara muatan dijadikan dua kali semula di dalam medium yang sama, gaya tarik-menariknya akan menjadi……….semula
A. 400% D. 25%
B. 200% E. 12,5%
C. 50%
4. Tiga muatan yang sama terletak pada sudut-sudut segitiga samasisi. Jika gaya antara dua muatan besarnya F. Besarnya gaya total pada setiap muatan adalah…..
A. F√2 D. F√3
B. 2F E. nol
C. 2√F
5. Grafik gaya Coulomb antara dua muatan titik F terhadap jarak r adalah………
A.
F(N) D F(N)
R (m) R (m)
B
F(N) E. F(N)
R (m) R (m)
F(N
C.
R (m)
6. Suatu segitiga sama sisi yang panjang sisinya 30 cm berada di udara. Jika di titik-titik sudut A,B, dan C berturut-turut terdapat muatan listrik sebesar -2 µC ,2µ,dan 3µ besarnya gaya colulomb pada muatan titik c adalah…………..
A. 0,6 N D. 0,9 N
B. 0,7 N
C. O,8 N
7. Banyaknya garis gaya tegak lurus pada bidang persatuan luas mengambarkan besarnya……….
A. Muatan listrik D. Kuat medan listrik
B. Potensial listrik E. Rapat muatan listrik
C. Energi potensial listrik
8. Satuan yang sebanding dengan satuan kuat medan listrik adalah …………
A. Watt per ampere D. Volt per ampere
B. Joule per coulomb E. Volt per meter
C. Ampere ohm
9. Dua titik A dan B berjarak 0,5 m satu sama lain (A di kiri B) .Pada titik A dan B diletakkan muatan-muatan qA = -4 nC dan qb +9 nC .Letak titik C yang kuat
A 1m di kanan B D. 0,25 m di kiri A
B 1m di kanan A E. Pertengahan AB
C.1 m di kiri A
10. Pada titik sudut B dan D sebuah persegi panjang ABCD masing-masing diletakkan sebuah muatan +q .Agar kuat medan listrik di titik A sama dengan nol, di titik C harus di letakkan sebuah partikel bermuatan …………………….
A. –q D. +q√2
B. +q E. -2q√2
C. -√2
Soal-soal untuk Siklus II
1. Dua buah bola A dan B yang jari-jarinya sama terbuat dari logam yang sama. Mula-mula A bermuatan listrik , sedangkan B tidak bermuatan. Jika kedua bola tersebut dihubungkan dengan seutas kawat halus ,
A. Muatan A ≠ muatan B ; potensial A = potensial B
B. Muatan A = muatan B ; potansial A ≠potensial B
C. Muatan A ≠ muatan B : potensial A ≠ potensial B
D. Muatan A = muatan B ; potansial A = potansial B
E. Semua jawaban salah
2. Dua pelat konduktor sejajar berjarak 1 cm, rapat muatan setiap pelat 8,83 µ Cm-2 . Jika kedua pelat berada di udara dengan = 8,85 x 10-12 N-1m-2 , kuat medan listrik antara kedua pelat adalah ……………
A. 0,5 x 106 NC-1 D. 0,5 x 108 NC-1
B. 1,0 x 106 NC-1 E. 1,6 x 108 NC-1
C. 2,0 x 106 NC-1
3. Sebuah bola konduktor berongga bermuatan q dan jari-jari bolaR .Kuat medan listrik karena pengaruh muatan bola akan memenuhi persamaan …………….
A. E = k q/r2 ; R < r D. E = 0; 2r < R
B. E = 0; R ≥ R E. E = k q/r2 ; r ≤ R
C. E = k q/r2 ; r ≥ R
4. Sebuah kapasitor pelaj sejajar yang ruang di antaranya berisi udara dan
kapasintasinya Co dihubungkan dengan sumber tegangan V >Jika ruang
antara kedua pelat kapasitor didisi dengan mika ( sumber tegangan tidak
dilepas), besaran yang tidak berubah adalah……………………
A. kapasitanya D. Energinya
B. muatannya E. Tidak ada
C. kuat medannya
5. Gambar berikut menunjukkan dua muatan titik q dan 2q yang terletak pada
sumbu x .Posisi titik dengan medan listriknya sama dengan nol adalah…….
A. Di sebelah kananya 2q
B. Di antara titik p dan 2q
C. Di antara titik p dan q
D. Di sebelah kiri q
E. Di sebelah kanan 2q dan diantara titik P dan 2q
q 2q
; + d .P 2d .+
6. Sebuah muatan q terletak diantara keping-keping kapasitor sejajar yang
bermuatan q. Jika antara kedua keping d dan kepasitor C, maka besarnya gaya
listrik yang dialami oleh muatan q adalah ………………….
A. QC/qd D. Qd/QC
B. qd/Qd E. Qdq/C
C. Qq/Cd
7. Dua keping penghantar masing-maing luasnya 1 m2 diletakkan sejajar pada
jarak 20 cm . Penghantar yang satu diberi potensial +40 V sedangkan
penghantar yang lain diberi potensial _40 V. Muatan q = 2 x 10-2 C diletakkan
di antara kedua penghantara tersebut. Besarnya gaya yang dialami oleh muatan
q adalah ………….
A. 0 D. 8 N
B. 2 N E. 16 N
C. 4 N
8. Kapasitor keping sejajar dengan jari-jari 10 cm terpisah pada jarak 1 mm
.Kapasintansinya adalah…….
A. 8,85 x 10-12 F D. 2,78 x 10-10 F
B. 2,78 x 10-13 F E. 3,58 x 10 -10 F
C. 1,11 x 10 -9 F
9. Sebuah kapasitor mempunyai kapsinptansinya C dan tegangan V .Kapasitor
kedua mempunyai tegangan 2V dengan kapasintasi yang sama. Energi yang
disimpan oleh kapasitor kedua adalah……….
A. Sama dengan kapasitor pertama
B. dua kali kapasitor pertama
C. empat kali kapasitor partama
D. enam kali kapasitor pertama
E. delapan kali kapasitor pertama
10. potensial listrik sebuah titik yang berjarak 150 mm dari muatan adalah 6,0 x
104 V Intensitas medan listrik pada titik yang sama ( dalam V/m) adalah…….
A. 4,0 x 103 D. 1,6 x 106
B. 9,0 x 103 E. 2,7 x 106
C. 4,0 x 103.
Belum ada tanggapan untuk "MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DI MATERI LISTRIK STATIS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA KELAS XII IPA 3 SMAN 4 KENDARI"
Posting Komentar