tag:blogger.com,1999:blog-38213174118405950532024-03-13T23:24:30.776-07:00Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )Contoh PTK, Download PTK, Penelitian Tindakan Kelas, PTK Matematika. PTK Biologi, PTK Sosiologi, PTK Bahasa Inggris, Tujuan PTK, Prinsip PTK, Manfaat PTK, Tugas PTK, Tahapan PTK, Membuat PTK, Model PTK, Panduan PTK, Tindakan PTK, Siklus PTK, PTK SD, PTK SMP, PTK SMA, PTK PAUDAri Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.comBlogger284125tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-15112429908430203742016-01-21T00:32:00.001-08:002016-01-21T00:32:11.092-08:00Cara Memperbaiki Data PTK Dapodik dan SK Tunjangan Profesi (Sertifikasi)
Sudah lama perbaikan dan update data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) di Dapodik dilakukan, akan tetapi ternyata hingga kini masih banyak guru-guru yang datanya bermasalah. Kali ini tulisan di blog Penelitian Tindakan Kelas akan mencoba mengulas permasalahan yang banyak dialami terkait tidak valid data PTK para guru di P2TK Dikdas, beserta kemungkinan cara memperbaiki (solusi)-nya. Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-26244577065993899152015-10-24T00:56:00.000-07:002015-12-05T05:26:03.245-08:00PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA KELAS 5 SD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, dan memiliki peranan yang besar dalam mensukseskan pembangunan bangsa. Oleh karena itu, pemerintah beserta unsur-unsur yang berkompoten di dalamnya harus benar-benar memperbaiki perkembangan serta kemajuan pendidikan di Indonesia. Dalam upaya pengembangan pendidikan tersebut Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-56559699522353302392015-10-24T00:55:00.000-07:002015-12-05T05:26:19.267-08:00PTK MATEMATIKA meningkatkan prestasi belajar bangun ruang Murid Kelas III SD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2003:6) merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.
Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-51439223042358445142015-10-24T00:54:00.001-07:002015-12-05T05:26:44.793-08:00PTK MATEMATIKA BANGUN RUANG
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2003:6) merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.
Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-67137909631969823892015-10-24T00:52:00.000-07:002015-12-05T05:27:01.185-08:00PENELITIAN TINDAKA KELAS MATEMATIKA
BAB 1
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pembelajaran matematika di SD merupakan salah satu kajian yang selalu menarik untuk dikemukakan karena adanya perbedaan karakteristik khususnya antara hakikat anak dengan hakikat matematika. Untuk itu diperlukan adanya jembatan yang dapat menetralisir perbedaan atau pertentangan tersebut. Anak usia SD sedang mengalami perkembangan dalam tingkat berfikirnyaAri Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-9224570420398777852015-10-16T04:58:00.001-07:002015-12-05T05:27:59.382-08:00Pengertian dan Tahapan Metode Ilmiah
Pengertian Metode Ilmiah
Metode ilmiah atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai scientific method adalah proses berpikir untuk memecahkan masalah secara sistematis,empiris, dan terkontrol.
Metode ilmiah merupakan proses berpikir untuk memecahkan masalah
Metode ilmiah berangkat dari suatu permasalahan yang perlu dicari jawaban atau pemecahannya. Proses berpikir ilmiah dalam metode ilmiah Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-1811339486021706122015-10-16T04:57:00.001-07:002015-10-16T04:57:12.236-07:00Tahapan dalam Penelitian Ilmiah
litian Ilmiah
Metode ilmiah dan penelitian ilmiah, dua frase yang terkesan memiliki pengertian sama ini ternyata memiliki perbedaan satu sama lain. Ada dua (2) hal paling tidak, yang membedakan antara metode ilmiah dengan penelitian ilmiah. Perlu dimengerti bahwa setiap penelitian ilmiah harus menerapkan metode ilmiah, akan tetapi setiap metode ilmiah belum tentu penelitian ilmiah. Maksudnya Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-74646352496178398932015-09-09T05:46:00.000-07:002015-09-09T05:54:17.499-07:00PTK Bahasa Indonesia - Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Peningkatan Menulis Kreatif pada Siswa Kelas V SDI Surya Buana Malang
<!--[if gte mso 9]> qory 12.00 <![endif]-->
<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 <![endif]--><!--[if gte mso 9]>Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-9741626975653773602015-09-09T05:42:00.000-07:002015-09-09T05:54:30.996-07:00PTK Bahasa Indonesia - Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Teknik Bermain Peran Bagi Siswa Kelas 5 SDN 2 Ngali Kecamatan Belo Kabupaten Bima
<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE <![endif]-->
<!--[if gte mso 9]>Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-40867276800711084782015-09-09T05:38:00.001-07:002015-09-09T05:54:44.912-07:00PTK Bahasa Indonesia - Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Teknik Bermain Peran Bagi Siswa Kelas 5 SDN 2 Ngali Kecamatan Belo Kabupaten Bima
<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE <![endif]-->
<!--[if gte mso 9]>Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-80949788931731143372015-09-09T05:34:00.002-07:002015-09-09T05:34:36.994-07:00Penerapan Metode STAD sebagai Strategi Penguasaan Pelajaran Nada Baca (Shēngdiào) Bahasa Mandarin di SD Tripusaka Surakarta
<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE <![endif]-->
<!--[if gte mso 9]>Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-79989787275060056622015-09-09T05:30:00.000-07:002015-09-09T05:30:42.735-07:00Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas VII-5 SMP KARTIKA 1-5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012
<!--[if gte mso 9]> user 12.00 <![endif]-->
<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE <![endif]--><!--[if gte mso 9]>Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-33652049472030356032015-09-09T05:28:00.001-07:002015-09-09T05:28:08.825-07:00PTK - Model Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode STAD pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 1 Soreang Kabupaten Bandung
<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE <![endif]-->
<!--[if gte mso 9]>Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-35453991828400639602015-06-25T08:17:00.002-07:002015-06-25T08:17:45.594-07:00Penilaian Kelas Otentik dan Berdasarkan Standar Menurut Kurikulum 2013
Penilaian Kelas Otentik dan Berdasarkan Standar Menurut Kurikulum 2013
Penilaian Harus Berdasarkan Standar
Suatu standar, serendah apapun selalu akan dibutuhkan sebab standar berperan sebagai patokan dan sekaligus pemicu untuk perbaikan aktivitas dalam kehidupan. Pada konteks pendidikan, standar tentunya juga akan dibutuhkan dalam rangka acuan minimal terkait kompetensi yang musti dipenuhi Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-46972569071148110212015-06-25T08:17:00.000-07:002015-06-25T08:17:27.582-07:00Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Cooperative Learning <!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 <![endif]-->
<!--[if gte mso 9]>Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-25405894545691050502015-04-08T08:58:00.000-07:002015-04-08T08:58:22.419-07:00PTK Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Berbantu Media Monopoli dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas 1 Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas Belajar melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek penelitian adalah Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-50672903691477437422015-04-08T08:56:00.000-07:002015-04-08T08:56:50.351-07:00Sekilas Tentang Penelitian Kuantitatif
Risalah tentang Penelitian Kuantitatif
Sudah lama sekali, di blog penelitian tindakan kelas pernah diulas mengenai penelitian kualitatif. Nah, sedang membolak-balik halaman-halaman pada blog kesayangan ini, ternyata ada satu bahasan terkait yang tertinggalkan, yaitu tentang penelitian kuantitatif. Jadi pada tulisan kali ini kita akan mencoba menampilkan tulisan tentang ranah penelitian yang Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-33386783003182538042015-04-08T08:55:00.000-07:002015-04-08T08:55:05.487-07:00Menyusun Lembar Observasi
Penyusunan Lembar Observasi
Lembar observasi adalah pedoman terperinci yang berisi langkah-langkah melakukan observasi mulai dari merumuskan masalah, kerangka teori untuk menjabarkan perilaku yang akan diobservasi,prosedur dan teknik perekaman, kriteria analisis hinggainterpretasi.
Pelopor Penggunaan Lembar Observasi dalam Penelitian
Pelopor penyusunan lembar observasi adalah orang yangAri Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-8454398866423145402015-04-08T08:53:00.000-07:002015-04-08T08:53:40.561-07:00Instrumen PTK – Lembar Observasi Aktivitas Guru
Contoh Instrumen PTK – Lembar Observasi Aktivitas Guru
Setelah menerbitkan tulisan mengenai contoh lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis/mengarang, kali ini kembali blog penelitian tindakan kelas akan memberikan contoh lembar observasi, yaitu lembar observasi aktivitas guru dalam pembelajaran.
Seperti yang sudah-sudah, sebelum instrumen PTK tersebut di atas ditampilkan Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-9420674614928191762015-04-08T08:51:00.000-07:002015-04-08T08:51:21.795-07:00Research and Development (Penelitian Pengembangan)
Penelitian Pengembangan (Research and Development)
Karakteristik Penelitian Pengembangan (Research and Development)
Salah satu bidang penelitian yang kini banyak dilakukan oleh mahasiswa calon guru, dan praktisi pendidikan adalah penelitian pengembangan (research and development atau disingkat R&D). penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk yang akan digunakan dalam dunia Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-66172676460022461262015-04-08T08:49:00.000-07:002015-04-08T08:49:47.183-07:00Teori Statistik Penelitian - Analisis Jalur (Analisis Lintasan)
Analisis Jalur (Path Analysis) – Teori Statistik untukPenelitian
Analisi jalur (Path Analysis) adalah sebuah teknik analisis yang dikembangkan berdasarkan analisis statistik regresi. Jadi sebenarnya analisis jalur termasuk ke dalam kelompok analisis regresi. Tujuan penggunaan analisis jalur atau analisis lintasan (nama lainnya) adalah untuk menggambarkan dan menguji model hubungan antar Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-28886554396303152982015-04-08T08:47:00.000-07:002015-04-08T08:47:36.041-07:00Macam Karakteriktik Peneliti dan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Peneliti dan Penelitian Tindakan Kelas
Pada blog penelitian tindakan kelas ini telah banyak diulas berbagai aspek dari jenis penelitian tindakan kelas. Mulai dari pembahasan tentang pembuatan dan pengembangan instrumen, penyusunan proposal penelitian ptk, hingga penyusunan laporan dan contoh-contohnya. Pada tulisan kali ini, kita akan mencoba menjelaskan bagaimana peranan si peneliti itu Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-83279915424717431102015-03-24T06:22:00.001-07:002015-03-24T06:22:50.819-07:00Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Kurikulum 2013
Model Pembelajaran Project Based Learning dan Kurikulum 2013
Apa kabar pembaca setia blog penelitian tindakan kelas? Semoga kita semua selalu dalam lindunganNya untuk mengemban tugas mulia memajukan pendidikan anak bangsa untuk menyongsong era generasi emas di masa datang. Kali ini, kami ingin berbagi mengenai model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dalam kaitannya dengan Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-58473363544380381792015-03-24T06:14:00.000-07:002015-03-24T06:14:09.670-07:00PTK BK (Bimbingan Konseling)
UPAYA PENURUNAN TINGKAT PERILAKU AGRESIF BERTENGKAR DI SEKOLAH MELALUI PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK
BAB IIIHASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Klik untuk melihat:
BAB I
BAB II A. Hasil Pelaksanaan Tindakan Tiap Siklus1.Deskripsi Kondisi AwalPada kondisi awal penulis menjumpai Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3821317411840595053.post-48434712209764516452015-03-24T06:09:00.000-07:002015-03-24T06:15:32.587-07:00PTK BIMBINGAN KONSELING
UPAYA PENURUNAN TINGKAT PERILAKU AGRESIF BERTENGKAR DI SEKOLAH MELALUI PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK
Lihat BAB I Klik Disini
BAB II
KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
A. Pengertian Perilaku Agresif
Perilaku agresif sering dikonotasikan sebagai sesuatu yang negative dan suatu perusakan atau penyerangan, sehingga orang yang Ari Saeful Bahrihttp://www.blogger.com/profile/09358507267118323823noreply@blogger.com0