diambil dari : http://tiksmp12smg.blogspot.com/2009/05/ptk-iii.html
ABSTRAK
Sukadi. 2008. Peningkatan Prestasi Siswa SMP Negeri 12 Semarang Pada Praktik Komputer Melalui Pembelajaran CTL.
Tuntutan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa tingkat sekolah menengah sesuai dengan standar kompetensi yang dibakukan oleh Departemen Pendidikan Nasional bahwa siswa harus mampu berpikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media. Dengan adanya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi maka diharapkan dapat menjadi bekal bagi siswa untuk menghadapi perubahan yang sangat cepat dan hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu untuk dapat belajar secara cepat.
Dengan adanya hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang peningkatan prestasi siswa SMP Negeri 12 Semarang pada praktek komputer melalui pembelajaran CTL dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada praktik komputer dan agar siswa mampu untuk menguasai materi powerpoint melalui pembelajaran CTL.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IX D Semester I SMP Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2008/2009 sebagai subjek penelitian dan objek penelitian yaitu Pembelajaran CTL dan praktik komputer. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen berupa soal yang diberikan kepada siswa pada akhir pembelajaran tiap siklusnya dan angket untuk mengetahui interaksi antara siswa dan tutor. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 1) Kemampuan siswa dalam mengoperasikan komputer mendapat nilai optimal; 2) Aktifitas siswa berjalan dengan baik; 3) Pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah diterapkan 4) Adanya peningkatan prestasi siswa setelah menggunakan metode pembelajaran CTL. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I rata-rata kemampuan mencapai 69.4 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 88 %, pada siklus II rata-rata kemampuan siswa mencapai 75.1 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal 97 %. Hasil observasi suasana kelas selama proses pembelajaran CTL pada siklus I sebesar 63,33% dalam kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 90 % yang termasuk kategori sangat baik. Keaktifan siswa selama proses pembelajaran CTL pada siklus I mencapai 60 % yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II mencapai 90% dalam kategori sangat baik. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran pada siklus I mencapai 85.8 % dalam kategori baik dan meningkat pada siklus II mencapai 94,2 % yang termasuk sangat baik.Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian tersebut yaitu melalui pembelajaran CTL prestasi belajar siswa pada praktik komputer dan kemampuan siswa menguasai materi identifikasi pewarnaan tiap jenis slide dan identifikasi bentuk tampilan berwarna meningkat, mencapai batas ketuntasan hasil belajar. Saran yang diajukan oleh penulis dalam laporan penelitian ini adalah metode pembelajaran CTL dapat digunakan kembali sebagai salah satu altenatif metode dalam pembelajaran komputer karena mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dan kemampuan penguasaan materi.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Peningkatan Prestasi Siswa SMP Negeri 12 Semarang Pada Praktik Komputer Melalui Pembelajaran CTL."
Posting Komentar