Karya Tulis Ilmiah
Oleh:
Drs. LULUS PRIYOANANTO, M.Pd
NIP. 131 998 743
Disusun Dalam Rangka Pengembangan Profesi Keguruan
PEMERINTAH KOTA BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
SMA NEGERI 3 BLITAR
Jl. Bengawan Solo Telp (0342) 807225 Blitar 66122
LEMBAR PENGESAHAN
Ketua Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Blitar menerangkan dengan sebenarnya, bahwa:
Nama : Drs. LULUS PRIYOANANTO, M.Pd
NIP : 131998743
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pangkat/Golongan : Pembina IV/a
Jabatan : Guru Pembina dan Tugas Tambahan sebagai Kepala Sekolah
Mengajar : Matematika
Alamat Sekolah : Jalan Bengawan Solo Blitar
Alamat Rumah : Perumnas F 34 Tanjungsari Blitar
Telepon (0342) 805307
Nama yang identitasnya tersebut di atas telah menyusun Karya Tulis Ilmiah dengan mengadakan penelitian tindakan kelas yang berjudul “ Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metoda Problem-Based Learning Pada Pokok Bahasan Logika Matematika Di Kelas X-1 SMA Negeri 3 Blitar Tahun Pelajaran 2006 – 2007”
Karya Tulis Ilmiah ini sudah kami teliti dan layak untuk diajukan sebagai persyaratan kenaikan pangkat/mengajukan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) untuk periode penilaian Oktober 2007.
Demikian, harap maklum dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Blitar, 30 April 2007
Ketua PGRI Kota Blitar
Drs. Pratignyo Yitno Sutomo, M.Pd
NPA: 1317010001
SURAT KETERANGAN
No:
Kepala Sekolah Menengah Atas( SMA ) Negeri 3 Blitar, menerangkan, bahwa:
Nama : Drs. LULUS PRIYOANANTO, M.Pd
NIP : 131998743
Pangkat/Golongan : Pembina IV/a
Jabatan : Guru Pembina dan Tugas Tambahan sebagai Kepala Sekolah
Status Sebagai : Guru Matematika
Unit Kerja : SMA Negeri 3 Blitar
Jl. Bengawan Solo Telp (0342) 807225 Blitar
Telah menyusun Karya Tulis Ilmiah dengan mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul ”Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metoda Problem-Based Learning Pada Pokok Bahasan Logika Matematika Di Kelas X-1 SMA Negeri 3 Blitar Tahun Pelajaran 2006 – 2007” sebagai bukti sebuah laporan tertulis dan diharapkan Karya Tulis Ilmiah ini bisa dijadikan referensi pada perpustakaan.
Demikian Surat Pernyataan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Blitar, 25 April 2007
Kepala Sekolah
Drs. LULUS PRIYOANANTO, M.Pd
NIP. 131998743
PENGELOLA PERPUSTAKAAN
Pada tanggal 25 April 2007, Pengelola Perpustakaan SMA Negeri Blitar telah menerima Buku Karya Tulis Ilmiah yang berjudul: “ Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metoda Problem-Based Learning Pada Pokok Bahasan Logika Matematika Di Kelas X-1 SMA Negeri 3 Blitar Tahun Pelajaran 2006 – 2007”, hasil karya dari:
Nama : Drs. LULUS PRIYOANANTO, M.Pd
NIP : 131998743
Pangkat/Golongan : Pembina IV/a
Jabatan : Guru Pembina dan Tugas Tambahan sebagai Kepala Sekolah
Status Sebagai : Guru Matematika
Unit Kerja : SMA Negeri 3 Blitar
Demikian tanda terima ini dibuat sebagai ucapan terima kasih dan semoga hasil karya yang didokumentasikan ini bermanfaat.
Blitar, 25 April 2007
Petugas Perpustakaan
SUTADJI, S.Pd
NIP. 131483239
ABSTRAK
Priyoananto,Lulus.2007. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metode Problem-Based Learning Pada Pokok Bahasan Logika Matematika di Kelas X-1 SMA Negeri 3 Blitar Tahun Pelajaran 2006 / 2007.
Kata kunci : Logika, Problem-Based Learning
Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran matematika perlu dicarikan upaya-upaya yang tepat dan efektif serta efisien. Salah satu upayanya adalah pemilihan strategi pembelajaran yang lebih menekankan pada aktivitas belajar siswa dan bukan pada aktifitas mengajar guru. Ada beberapa strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya adalah Problem-Based Learning. Dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam penyelesaian soal-soal logika dibanding dengan strategi pembelajaran lainnya, strategi Problem-Based Learning memiliki beberapa keunggulan, diantaranya siswa lebih aktif untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal pada pokok bahasan Logika Matematika. (2) mengetahui prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Logika Matematika. (3) mengetahui dampak metode Problem-Based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Logika Matematika.
Sedangkan manfaat hasil penelitian diharapkan antara lain bagi siswa: (1) Meningkatkan minat siswa dalam memahami Logika Matematika. (2) Memiliki rasa setia kawan, kerjasama dan tanggung jawab. (3) Memotifasi siswa untuk lebih mantap dalam belajar matematika terutama pada pokok bahasan Logika Matematika. (4) Siswa mengerti akan pentingnya belajar berkelompok. (5) Siswa dapat saling berinteraksi dalam kelompok untuk menyampaikan pendapat atau mendiskusikan setiap soal pada pokok bahasan Logika Matematika. (6) Siswa dapat berfikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah melalui pemberian tugas secara berkelompok. Bagi guru: (1) Mendorong untuk meningkatkan profesionalisme guru. (2) Memperbaiki kinerja guru. (3) Menumbuhkan wawasan berfikir ilmiah. (4) Mempermudah pelaksanaan pembelajaran. Bagi sekolah (1) Hasil pembelajaran sebagai umpan balik untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. (2) Meningkatkan kualitas atau mutu sekolah melalui peningkatan prestasi siswa dan kinerja guru
Waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 3 April s/d 18 April 2007. penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi tindakan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes prestasi belajar, angket dan observasi. Untuk penyajian data disajikan dalam bentuk tabel agar lebih mudah untuk dibaca dengan teknik analisa diskriptif.
Pada akhir pelaksanaan tindakan pada setiap siklus tampak ada peningkatan rasa senang, antusias dan keaktifan siswa selama pembelajaran dan hasil pembelajaran disetiap siklus meningkat pula yaitu nilai rata-rata sebelum diadakan penelitian 42,8, pada siklus I 69,4 dan pada siklus II 74,4 dengan prosentase kenaikan nilai rata-rata ulangan harian sebelum diadakan PTK ke siklus I naik 62,15% dari siklus I ke siklus II naik 7,20 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem-Based Learning dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan logika matematika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X-1 SMA Negeri 3 Blitar Tahun Pelajaran 2006-2007.
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, karena bimbinganNyalah penelitian ini dapat diselesaikan.
Dalam penyusunan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metode Problem-Based Learning Pada Pokok Bahasan Logika Matematika di Kelas X-1 SMA Negeri 3 Blitar Tahun Pelajaran 2006 / 2007” Peneliti sadari masih jauh dari sempurna, oleh karena itu peneliti sangat mengharapkan koreksi, kritik dan saran dari berbagai pihak untuk perbaikan dan penyempurnaannya.
Pada kesempatan yang baik ini peneliti menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
1. Bapak Drs. Pratignyo Yitno Sutomo, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan Daerah Tingkat II Kota Blitar.
2. Bapak dan Ibu Guru Matematika SMA Negeri 3 Blitar.
3. Semua pihak yang telah ikut membantu dan mendukung kegiatan penelitian ini.
Harapan Peneliti semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi para pembaca.
Blitar, 25 April 2007
Peneliti
DAFTAR ISI
Hal
ABSTRAK i
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
DAFTAR TABEL vi
DAFTAR LAMPIRAN vii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 4
C. Tujuan Penelitian 5
D. Manfaat Penelitian 5
E. Batasan Masalah 7
F. Penegasan Istilah 7
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Hakekat Belajar dan Pembelajaran 9
B. Prinsip-prinsip Belajar 10
C. Motivasi Belajar 11
D. Pendekatan Belajar 13
E. Masalah-masalah Belajar 14
F. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) 18
G. Logika Matematika 20
H. Penelitian Tindakan Kelas 25
I. Hipotesis 27
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Seting Penelitian 29
B. Siklus Penelitian 29
C. Instrumen Penelitian 33
D. Teknik analisa data 35
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Siklus I 38
1. Perencanaan 38
2. Pelaksanaan 38
3. Pengamatan 41
4. Refleksi Perbaikan dan Pengayaan 49
B. Siklus II 49
1. Perencanaan 49
2. Pelaksanaan 50
3. Pengamatan 52
4. Refleksi Perbaikan dan Pengayaan 59
C. Pembahasan Hasil Penelitian 60
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan 66
B. Saran 67
DAFTAR PUSTAKA 68
DAFTAR TABEL
Hal
Tabel 1. Data Nilai Ulangan Harian PRA PTK Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 3
Blitar Tahun Pelajaran 2006-2007 39
Tabel 2. Nilai hasil ulangan Harian Siklus I 42
Tabel 3. Distribusi Frekuensi Data Perolehan Nilai Siswa pada Siklus I 46
Tabel 4. Keaktifan Siswa Mencatat pada Siklus I 46
Tabel 5. Keaktifan Siswa dalam Belajar Kelompok Siklus I 46
Tabel 6. Nilai Hasil Ulangan Harian Siklus II 53
Tabel 7. Distribusi Frekuensi Data Perolehan Nilai Siswa pada Siklus II 56
Tabel 8. Keaktifan Siswa Mencatat pada Siklus II 57
Tabel 9. Keaktifan Siswa dalam Belajar Kelompok Siklus II 57
Tabel 10. Ringkasan Hasil Pengamatan Kolaborator pada Siklus II 58
Tabel 11. Hasil Angket tentang Metode Pembelajaran dengan Metode Problem-
Based Learning (yang ditujukan dalam bentuk proses) 60
Tabel 12. Data Hasil Belajar Sebelum Diadakan Penelitian 61
Tabel 13. Data Hasil Kenaikan Nilai Ulangan Secara Keseluruhan 62
Tabel 14. Data Hasil Distribusi Frekuensi Perolehan Nilai dari Siklus I dan Siklus
II 62
Tabel 15. Data Hasil Kreatifitas Siswa Mencatat Materi Pelajaran Siklus I dan
Siklus II 63
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1. Silabus 69
2. Tes Evaluasi Siklus I 71
3. Kunci Jawaban Tes Evaluasi Siklus I 72
4. Tabel Monitoring Kolaborator Siklus I 74
5. Tes Evaluasi Siklus II 75
6. Kunci Jawaban Tes Evaluasi Siklus II 77
7. Tabel Monitoring Kolaborator Siklus II 79
8. Angket 80
9. Foto-Foto Pelaksanaan 81.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM-BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS X-1 SMA NEGERI 3 BLITAR T"
Posting Komentar